Presiden Jokowi Minta Bansos Tunai dan Program Padat Karya Meluncur Pekan Ini

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 320 2209979 presiden-jokowi-minta-bansos-tunai-dan-program-padat-karya-meluncur-pekan-ini-Ub0nMu5iEz.jpg Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar bantuan sosial (bansos), bansos tunai dan program padat karya sudah berjalan pada pekan ini.

"Penyaluran bansos dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) maupun dari dana desa dan program padat karya tunai dalam minggu-minggu ini dipastikan berjalan di lapangan," kata Presiden dalam telekonferensi, Rabu (6/5/2020).

"Bansos diterima masyarakat, program padat karya juga berjalan," sebut dia.

Baca Juga: Kriteria Penerima Manfaat Bansos Tunai Senilai Rp600.000

Hal ini, kata Presiden harus dilakukan mengingat pengeluaran konsumsi Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT) mengalami kontraksi.

"Namun tolong lihat konsumsi untuk LNPRT lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga mengalami kontraksi sampai minus 4,91%. Ini betul dilihat secara detail lembaga nonprofit yang melayani RT," jelas dia.

Baca Juga: 5 Tahap Penyaluran Bansos Tunai dan Sembako untuk Lansia dan Disabilitas

Walau begitu, dia menyebutkan jika konsumsi rumah tangga dan pemerintah merupakan penopang prtumbuhan ekonomi.

"Dari sisi pengeluaran konsumsi rumah tangga 2,84%, pengeluaran pemerintah 3,74% menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi," kata dia.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini