Penyaluran Bansos Tepat Sasaran Perlu Data Akurat

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 10 Mei 2020 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 10 320 2211734 penyaluran-bansos-tepat-sasaran-perlu-data-akurat-rGeeIyNig1.jpg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Pemerintah menyiapkan jaring pengaman sosial untuk maysarakat yang terdampak covid-19. Bantuan sosial terdiri dari bantuan sosial reguler seperti Program Sembako, PKH serta Program Subsidi Listrik.

Ada pula bantuan sosial khusus covid-19 yang banyak ragamnya baik dari pemberian sembako dan bantuan sosial tunai. Bansos sembako Presiden untuk DKI Jakarta, Bodetabek dan Bansos Tunai di Luar Jabodetabek.

Baca Juga: Sri Mulyani Ambil Alih Pembagian Bansos di DKI Jakarta

Direktur Riset Core Indonesia Piter Abdullah mengatakan, pemerintah butuh data akurat agar bansos tersebut tepat sasaran. Menurutnya ini bisa dijadikan momentum untuk memperbaiki data kependudukan.

“Tanpa didukung data yang akurat, pilihannya adalah bansos disalurkan menunggu data lengkap sehingga tepat sasaran dan bisa di monitor sehingga lebih aman dari korupsi. Tapi disisi lain menjadi terlambat,” kata dia kepada Okezone.

Baca Juga: M Taufik Bela Anies soal Pembagian Bansos Warga Jakarta Terdampak Covid-19

Menurutnya, penyaluran bansos dengan cepat dengan data yang tidak akurat akan rawan penyalahgunaan. Minimal, kata dia, pemerintah bisa menggunakan data RT dan RW untuk memastikan penyaluran bansos tepat sasaran.

“Kalau kita ingin cepat, dengan data yang belum sempurna. Jangan berharap sepenuhnya tepat dan rawan penyalahgunaan. Saya kira pemerintah bisa menggunakan data secara berjenjang dari RT/RW hingga kelurahan,” tukasnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini