Dahlan Iskan Sebut Durian Bisa Selamatkan Ekspor Indonesia, Kok Bisa?

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 18 Mei 2020 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 320 2215917 dahlan-iskan-sebut-durian-bisa-selamatkan-ekspor-indonesia-kok-bisa-MG3qcMko1f.jpg Durian (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan bahwa BUMN harus bisa meningkatkan kemampuan ekspor. Di mana ekspor merupakan senjata yang sangat diperlukan oleh negara untuk memajukan perekonomiannya.

Baca Juga: Dahlan Iskan Merasa Gagal Jadi Menteri BUMN

Menurut dia, Indonesia imemiliki keunggulan dibandingkan negara lain dalam memproduksi komoditas ekspor. Contohnya perkebunan buah durian yang diyakini bisa melejitkan ekspor Indonesia.

"Durian ini tidak bisa diproduksi di semua negara. Waktu itu saya menyampaikan kita harus membuat perkebunan durian 5.000 hektare, perkebunan pisang 5.000 hektare. Pokoknya buah tropis harus menjadi andalan Indonesia," ujar dia pada diskusi virtual LP3ES Jakarta, Senin (18/5/2020).

Baca Juga: Dahlan Iskan: Saya Prihatin, BUMN Pangan Kalah dari Bakso Blok S

Dia menjelaskan, pihaknya pernah membuat program menanam durian. Tapi tiga tahun kemudian program tersebut gagal dan investor mengambil alih perkebunan tersebut.

"Jadi ke depan, durian saya harapkan bisa menjadi komoditas unggulan untuk mengalahkan ekspor negara lain seperti China. Sebab negara itu merupakan penikmat durian yang kini mengandalkan Thailand untuk memasok buah itu," tandas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini