Industri Bisa Jadi Ujung Tombak Ekonomi RI, Begini Caranya

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 02 Juni 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 320 2223384 industri-bisa-jadi-ujung-tombak-ekonomi-ri-begini-caranya-XPD6rF2NEx.jpeg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA โ€“ Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, dalam memantau kegiatan dan melakukan pembinaan industri khususnya di masa pandemi covid-19, Kemenperin terus bersinergi dengan pemerintah daerah.

โ€œDengan dukungan dari pemda, pengembangan industri nasional bisa lebih cepat, sehingga bisa menjadi ujung tombak atau motor penggerak utama bagi perekonomian nasional,โ€ tuturnya dilansir dari laman Kemenperin, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga: 1,6 Miliar Pekerja Informal di Dunia Terdampak Covid-19

Menurut Menperin, Indonesia perlu menangkap peluang investasi dari berbagai negara potensial, terutama mereka yang ingin merelokasi pabriknya seperti beberapa perusahaan Amerika Serikat dan Jepang.

โ€œOleh karenanya, kita harus benar-benar persiapkan dengan matang, termasuk ketersediaan kawasan industri dan infrastruktur yang terintegrasi,โ€ tegasnya.

Baca Juga: Brebes Disiapkan Tampung Relokasi Industri AS dari China

Merujuk data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dalam kurun lima tahun terakhir, sejak 2015 hingga triwulan I-2020, investasi di industri makanan menjadi sktor yang tertinggi menggelontorkan dananya di tanah air dengan nilai mencapai Rp293,2 triliun atau berkontribusi 21,7% dari total investasi sektor manufaktur sebesar Rp1.348,9 triliun.

Sektor berikutnya adalah industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya yang menunjukkan peningkatan pada tahun 2019 dan triwulan I 2020 dengan total investasi mencapai Rp266,7 triliun. Selanjutnya, industri kimia dan farmasi berada di peringkat ketiga dengan nilai investasi Rp243,9 triliun.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini