Tesla Jadi Perusahaan Automotif Terkaya di Dunia Kalahkan Toyota

Selasa 16 Juni 2020 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 320 2230863 tesla-jadi-perusahaan-automotif-terkaya-di-dunia-kalahkan-toyota-adNeVc2LZL.jpg Perusahaan Milik Elon Musk, Tesla Jadi Perusahaan Paling Berharga. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA – Perusahaan mobil listrik, Tesla menjadi perusahaan paling berharga di seluruh dunia. Pertama kalinya dalam sejarah, perusahaan asal Amerika Serikat itu masuk dalam 25 daftar pembuat mobil teratas dunia berdasarkan nilai pasar dan menduduki posisi teratas mengungguli Toyota.

Selain itu, perusahaan milik Elon Musk ini berhasil mengalahkan Toyota Motor Corp dengan nilai pasar sebesar USD183,7 miliar sedangkan Toyota dengan nilai pasar USD178,78 miliar. Demikian dikutip dari IDXChannel, Selasa (16/6/2020).

Baca Juga: Target Penemuan Vaksin Virus Corona dalam 18 Bulan, CEO Merck: Sangat Agresif

Faktor pencapaian Tesla hingga saat ini ditopang oleh para investor yang melihat sisi keunggulan yang dimiliki pembuat mobil listrik tersebut dan melihat masa depan industrinya. Para investor pun melihat sesuatu yang sangat berbeda, bahwa perusahaan masih harus mendapatkan lebih dari USD25 miliar dalam nilai pasar untuk melampaui Toyota.

Beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan Jepang telah memperluas pembelian kembali saham untuk meningkatkan pengembalian saham mereka kepada investor, dan Toyota secara agresif telah membeli kembali sahamnya sendiri selama enam tahun terakhir.

Baca Juga: 2 Alasan Mantan Menkes Siti Fadilah Curigai Bill Gates soal Vaksin Covid-19

Sejatinya, Pemeringkatan perusahaan berdasarkan nilai pasar yang diterbitkan setiap bulan oleh operator Bursa Efek Tokyo Japan Exchange Group Inc., menunjukkan bahwa kapitalisasi pasar termasuk treasury stock telah mencantumkan nilai pasar Toyota pada akhir Mei sebesar 22 triliun yen (setara USD205 miliar), angka tersebut mencakup hampir USD30 miliar dalam bentuk saham treasuri.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini