Mau Belanja Pakai Kartu Kredit? Jangan Lupa Aktifkan PIN-nya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 10:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 320 2239287 mau-belanja-pakai-kartu-kredit-jangan-lupa-aktifkan-pin-nya-Zif1R7gPcW.jpg Kartu Kredit (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Bagi pengguna kartu kredit di di Indonesia harus mulai mengaktifkan 6 digit PIN di kartu kreditnya per hari ini, Rabu (1/7/2020). Kebijakan itu sejalan dengan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 16/25/DKSP tahun 2014 tentang Kegiatan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu.

Direktur Eksekutif Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), Steve Marta mengatakan mereka yang belum mengaktifkan PIN di kartu kreditnya, maka dipastikan tak akan bisa melakukan belanja daring maupun offline. Karena nantinya akan langsung ditolak oleh setiap penerbit kartu kredit tersebut.

Baca Juga: Cermati Fakta soal Transaksi Kartu Kredit Wajib Pakai PIN per 1 Juli

"Apabila transaksi tidak menggunakan PIN maka otomatis transaksi akan di tolak olah penerbit," kata Steve kepada Okezone, Rabu (1/7/2020).

Ia menyebut, berdasarkan data yang dicatat pihaknya sekira tiga minggu yang lalu masih ada 25 persen kartu kredit yang mengacuhkan aturan tersebut.

"Data 3 minggu yang lalu menyatakan 75 persen pengguna kartu kredit sudah menerapkan PIN. Saya harap per hari ini angka tersebut sudah bertambah," kata dia.

Baca juga: Jangan Lupa Ya, Transaksi Kartu Kredit Wajib Pakai PIN per 1 Juli

Menurut dia, penerapan kebijakan itu diterbitkan hanya untuk semata-mata menjamin keamanan para pemilik kartu kartu kredit. Sebab, bila hanya verifikasi melalui tanda tangan, ia menilai itu amat rawan disalahgunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

“Sebenarnya yang paling penting itu untuk faktor keamanan,” ujarnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini