Gaji Dipotong tapi Ingin Berkurban, Begini Caranya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245541 gaji-dipotong-tapi-ingin-berkurban-begini-caranya-dQ863kO3cQ.jpg Sapi Kurban (Foto: Okezone)

JAKARTA – Berkurban saat perayaan Hari Raya Idul Adha merupakan ibadah yang tidak diwajibkan. Bagi kalian yang masih bekerja dan mengalami pemotongan gaji akibat pandemi Covid-19, sebaiknya tak memaksakannya.

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho menyebut bila memang tidak mampu untuk membeli hewan kurban tak akan menjadi masalah juga. Dilihat dari sudut pandang perencanaan keuangan, itu sangat tidak dianjurkan untuk memaksakannya.

Baca Juga: Dari Iseng-Iseng Unggah Foto Kue di Medsos, Wanita Ini Kebanjiran Pesanan Brownies

“Kondisi yang lagi sulit dan penghasilan terpotong tentu akan sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari lebih dulu apalagi bila masih kewajiban-kewajiban serta cicilan-cicilan yang harus dibayar,” kata Andy kepada Okezone, Senin (13/7/2020).

Selain itu, lanjut dia, dalam ajaran agama pun tak mempermasalahkan umat Islam yang tak mampu untuk melaksanakan ibadah sunnah tersebut.

Baca juga: Tren Gowes Milenial, Bengkel Sepeda Banjir Order hingga Lembur

“Namun karena berkaitan dengan ibadah dan keyakinan kadang, ada juga orang yang memaksakan dirinya untuk membeli hewan kurban karena keyakinan dan rasa taatnya kepada ajaran agama, dan hal tersebut sah-sah saja karena memang keyakinannya dalam menjalankan agama,” ujarnya.

Dia menyarankan kepada seluruh pemeluk agama Islam, bila memang merencanakan ingin berkurban setiap tahunnya, maka sudah menyisihkan dananya setiap bulan.

“Hari raya Idul Adha dan membeli serta menyembelih hewan qurban adalah salah satu ritual tahunan yang bisa diprediksi waktunya jauh-jauh hari. Jadi idealnya seandainya kita memang berniat membeli hewan kurban namun dengan dana terbatas maka bisa mencicil nabung untuk beli hewan yang diinginkan dari jauh-jauh hari,” kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini