Bantuan Modal Kerja Rp2,4 Juta ke Pengusaha Kecil, Jokowi: Bisa Tambah Dagangan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 320 2245737 bantuan-modal-kerja-rp2-4-juta-ke-pengusaha-kecil-jokowi-bisa-tambah-dagangan-4q9OAZTQvc.jpg Jokowi Beri Modal Kerja (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan modal kerja kepada pelaku usaha mikro dan kecil di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, hari ini. Bantuan tersebut masing-masing senilai Rp2,4 juta.

Pemberian bantuan modal kerja menerapkan protokol kesehatan. Semua peserta mengenakan masker dan menjaga jarak aman (physical distancing). Jumlah penerima bantuan yang masuk ke halaman Istana tidak banyak.

Baca Juga: Beda Data dengan Pengusaha, Faktanya Banyak Perusahaan Tak Lapor Jumlah PHK 

Jokowi memahami usaha kecil terpukul akibat pandemi corona. Namun, Jokowi bilang bahwa kondisi seperti sekarang juga dialami oleh 215 negara lainnya.

"Dengan kondisi pandemi covid ini, usaha bapak ibu sekalian tidak seperti keadaan normal lalu, benar ada yang omzetnya jatuh 50%, benar? Ada yang keuntungan biasanya 200 menjadi hanya 50, gitu ya? Saya tahu, saya tahu," ucap Jokowi.

"Karena memang ini terjadi tidak hanya di negara kita saja, supaya bapak ibu tahu. Pandemi covid ini terjadi di 215 negara kena semuanya, kesehatan kena, ekonomi juga kena," tambah dia.

Baca Juga: Ramai PHK, Pengusaha Curhat soal Stimulus 

Menurut Jokowi, pandemi corona telah menghantam sektor perekonomian. Pelaku usaha mulai dari yang kecil hingga besar telah terdampak.

"Oleh sebab itu sore hari ini saya pemerintah memulai untuk memberikan bantuan modal kerja pada usaha mikro, usaha kecil untuk bantuan modal kerja darurat. Semoga dengan bantuan ini nantinya bapak ibu bisa menambah dagangannya. Omzet juga bisa laku lebih baik," jelas Mantan Gubernur DKI itu.

Kepala Negara memahami kondisi seperti ini sangat berat. Namun, Jokowi menyemangati pelaku usaha kecil agar terus semangat serta bekerja keras.

"Tidak usah turun semangatnya karena kondisi ini memang harus kita hadapi," katanya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini