Lihat Biaya Pendidikan Swasta Bikin Auto Kaget, Simak 5 Cara Mengendalikannya

Natasha Oktalia, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 320 2247522 lihat-biaya-pendidikan-swasta-bikin-auto-kaget-simak-5-cara-mengendalikannya-Hfa6KcFiYz.jpg Personal Finance (Shutterstock)

JAKARTA - Sebagai orangtua, memikirkan pendidikan anak sangatlah berarti. Namun, pendidikan anak juga harus dipersiapkan sejak dini.

Sebelum mendaftarkan anak ke sekolah pilihan, tentunya harus dibicarakan dengan baik mengenai persiapan dana dan lokasi sekolah anak. Sebab, hal tersebut penting untuk dibahas agar anak tidak salah masuk sekolah atau agar sesuai dengan pilihan sang anak.

 Baca juga: Jangan Suka Ngutang, Milenial Harus Sadar Pentingnya Kelola Keuangan

Seperti yang dijelaskan oleh Financial Planner Pritaghozie dalam unggahannya di Instagram @pritaghozie, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Dirinya memberikan lima tips mempersiapkan dana untuk pendidikan sekolah anak:

1. Memilih sekolah

 

Pemilihan sekolah setiap orang pasti berbeda. Karena menurut Prita, setiap anak itu unik dan memiliki minat serta bakat

yang berbeda. Pesan Prita dalam poin pertama ini adalah perencanaan pendidikan anak sebaiknya dilakukan sedari awal, tetapi harus bersifat fleksibel. Checklist yang utama adalah kebutuhan anak dan kemampuan finansial orangtua.

 Baca juga: Gaji Dipotong tapi Cicilan Menumpuk, Ada 2 Solusi Mengatasinya

Jangan lupa disertai dengan doa agar diberikan yang terbaik oleh-Nya.

2. Riset biaya sekolah

Biaya pendidikan umumnya terdiri dari uang pangkal, bulanan hingga biaya tersembunyi. Uang pangkal sebaiknya menjadi komponen penentu awal dalam perencanaan dana pendidikan.

3. Menghitung kebutuhan dana pendidikan

Proyeksikan dulu berapa perkiraan biaya sekolah anak saat satu tahun akan mendaftar. Jangan melupakan potensi kenaikan biaya pendidikan di sekolah tersebut. Variasinya mulai dari naik 5% -20% per tahunnya.

 Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Pinjam Uang ke Teman

4. Membuat action plan rencana dana pendidikan

Dalam hal ini orangtua diminta untuk menabung dan berinvestasi terlebih dahulu. Pemilihan produk keuangan yang tepat akan membuat perencanaan jadi lebih mudah. Maka dari itu, jangan melupakan dana darurat dan asuransi jiwa untuk orangtua yang mencari nafkah.

5. Evaluasi

Nah, apakah semua yang dijalankan sudah sesuai dengan target? Apapun rencana keuangan orangtua, urusan dana pendidikan anak harus terus di-update ya.

"Saat ada rezeki lebih, siapa tahu bisa digunakan untuk menambal dana pendidikannya," tulis Prita dalam salah satu poinnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini