Tangkap Kapal Maling Ikan, Menteri Edhy: Kewajiban

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 320 2250218 tangkap-kapal-maling-ikan-menteri-edhy-kewajiban-yHeajtQZkH.jpg Berantas Kapal Illegal Fishing di Laut Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menegaskan penangkapan kapal asing pencuri ikan menjadi salah satu prioritas. Seperti penangkapan kapal asing di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

"Penangkapan kapal asing adalah salah satu program prioritas kami. Jadi itu suatu kewajiban dan keharusan, harus menjaga setiap jengkal pencurian," ujar dia dalam telekonfrensi, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Edhy Prabowo Tangkap 66 Kapal Pencuri Ikan, Terbanyak Berbendera Vietnam

Menurut dia, dalam hal penangkapan kapal asing, KKP tidak bekerja sendirian. Pihaknya bekerja dengan instansi seperti TNI AL, Bakamla, Polri, Polairud, Kejaksaan Agung, Imigrasi, Bea Cukai dan KPLP dari perhubungan.

"Dan penangkapan ini kita berharap ini akan menjadi efek jera, kalaupun mereka tak jera kita tetap siap. Ke depan kita tak pasrah, terutama kita tingkatkan persenjataan kita," ungkap dia.

Baca Juga: Eselon I KKP Mundur Jabatan, Menteri Edhy: Itu Hak

Dia menambahkan, apabila dilihat, Indonesia saat ini harus dibekali oleh senjata yang kualitasnya nembus kapal yang sangat mungkin.

"Jadi senjata mesin berat kita punya, tapi perangkatnya penembaknya harus organik, artinya harus TNI. Nah ini saya bicara dengan Kemenhan," tandas dia

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini