Menko Luhut: Pandemi Covid-19 Bikin Kita Sadar Impor Obat-obatan Tinggi

Michelle Natalia, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 320 2252035 menko-luhut-pandemi-covid-19-bikin-kita-sadar-impor-obat-obatan-tinggi-bGdCv6Fate.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa pandemi virus corona atau Covid-19 memiliki sisi positif tersendiri. Pandemi ini, menurut Luhut, adalah sebuah wake up call bagi Indonesia.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Cetak Rekor, Menko Luhut: Tetap Disiplin 

Menurutnya, tanpa adanya pandemi virus corona, Indonesia tidak sadar menjadi salah satu negara pengimpor obat-obatan tertinggi.

"Kita jadi sadar bahwa ternyata industri obat-obatan kita terbatas, dan ternyata impor obat-obatannya tinggi," ujar Luhut dalam sebuah webinar di Jakarta, Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga: Sri Mulyani: Persiapkan yang Terburuk tapi Harapkan Terbaik untuk Ekonomi Indonesia 

Lockdown India yang lalu membuat Indonesia kelabakan, karena selama berpuluh-puluh tahun lamanya Indonesia mengekspor parasetamol dari India. "Oleh karena itu, pak Presiden mengeluarkan perintah agar dana APBN dan stimulus digunakan sebanyak mungkin untuk industri kesehatan," ucap Luhut.

Selain itu, Indonesia sekarang juga menjadi negara aktif dalam research and innovation terkait Covid-19. Hal ini juga mengingat Indonesia adalah negara kaya dengan market yang besar.

"Kerja sama vaksin kita juga sudah jalan, Sinovac dengan China, terus juga ada vaksin G42 UAE, CEPI, dan juga GeneXine Inc dengan Korea Selatan. Jika berhasil, paling lambat lah awal tahun depan kita bisa produksi (vaksin)," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini