Cara Menabung yang Tepat agar Bisa Berkurban

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 320 2252440 cara-menabung-yang-tepat-agar-bisa-berkurban-r5WJQP4TZL.jpg Trik Hemat (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Idul Adha tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnnya. Pasalnya, kurban tahun ini dirayakan di tengah Pandemi Covid-19.

Tapi, sering ditemui adanya kendala finansial membuat keinginan berkurban menjadi terhalang. Oleh karena itu Perencana keuangan Andi Nugroho mengatakan bahwa siapapun bisa berkurban jika sudah diniatkan sejak dini, salah satu caranya dengan menabung.

Langkah ini dinilai Andi efektif, pasalnya cara ini tidak mengganggu keuangan, dan sudah terbukti keberhasilannya. Menurut Andi, jika memang tahun ini tidak bisa membeli hewan tidak perlu dipaksakan. Namun, rencana berkurban di tahun depan bisa direncanakan sejak dini.

Contooh yanh diambil Andi misalnya, jika ingin membeli kambing dengan harga Rp2 juta per ekor. Maka dalam sebulan, harus bisa mengumpulkan atau menyisihkan uang sebesar Rp166 ribu.

“Oke saya cicil selama satu tahun per bulannya jatuhnya berapa tuh berarti sekitar lebih dari Rp100 ribu untuk membeli hewan kurban. Jadi jauh jauh hari sudah bisa kita cicil,” kata Andi.

Baca Selengkapnya: Mau Berkurban? Yuk, Menabung Sejak Dini

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini