4 Cara Agar Beras Tidak Kutuan saat Disimpan

Safira Fitri, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 320 2252745 4-cara-agar-beras-tidak-kutuan-saat-disimpan-Ghg8PKUCWs.jpg Cara Cegah Kutu Beras saat Disimpan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Beras menjadi makanan utama masyarakat Indonesia. Sebagai konsumsi pokok, penyimpanan sampai proses memasak besar harus diperhatikan kebersihannya.

Apalagi dalam menyimpan beras, kerap kali ditemukan kutu beras. Dalam waktu yang lama, beras bisa dikotori oleh kutu.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) pun berbagi cara supaya beras di rumah bebas dari kutu. Petama, jemur beras di tempat panas. Kedua, gunakan kulit kayu manis.

Baca Juga: Cara Atur Keuangan di Era Covid-19, Kurangi Jajan Minuman Kekinian

"Cukup ambil beberapa bagian kulit kayu manis, lalu masukkan ke tempat penyimpanan beras," tulis Instagram @kemendag, Senin (27/7/2020).

Selain itu, supaya beras yang disimpan tidak kutuan, cara yang ketiga, gunakan bawang putih, lalu tempatkan di permukaan beras. Terakhir atau yang keempat, bisa menggunakan daun pandan atau daun salam, yang dimasukan ke dalam tempat penyimpanan beras.

Baca Juga: 5 Faktor Wajib Kelola Keuangan, Salah Satunya Gaji Besar tapi Selalu Kurang

"Jadi jangan khawatir, beras akan dikotori kutu beras. Semoga tips ini bermanfaat ya," tulis Kemendag.

Sebagai informasi, perkiraan ketersediaan beras saat ini kurang lebih mencapai 21 juta ton dengan prediksi kebutuhan 12 juta ton. Adapun perkiraan stok beras sampai dengan bulan September mendatang mencapai 8,5 juta ton.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini