Cara Miliarder Dunia Sembuhkan UMKM Indonesia dari Corona

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 320 2254157 cara-miliarder-dunia-sembuhkan-umkm-indonesia-dari-corona-GJmqI5VUl9.jpg UMKM Terkena Dampak Signifikan Akibat Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Digitalisasi dipercaya bisa bangkitkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah tekanan akibat pandemi virus corona. Para pelaku usaha pun diajak untuk bertransformasi bisnis ke sektor digital.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki pun melakukan kerjasama dengan Facebook Group. Perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg yang juga merupakan miliarder dunia. Dirinya berharap, dengan bertambahnya kerjasama di media sosial, target 10 juta UMKM masuk digital di akhir tahun 2020 bisa terlampaui.

UMKM

Selain itu, dengan adanya digitalisasi, akan lebih mudah bagi UMKM untuk mengakses pembiayaan dengan adanya digital record kesehatan usaha. Ditambah lagi, business process UMKM akan jauh lebih efisien dan akuntabel, terlebih penting bagi UMKM untuk mendapatkan investasi yang besar.

"Jadi, kerjasama ini, lebih ramah untuk penjual pemula yang berbasis medsos. Karena itu, kami sebut ini strategi buka pintu, agar mereka bisa lebih mudah masuk ke digital," pungkas Teten. (feb)

Baca Selengkapnya: Mark Zuckerberg Turun Tangan Pulihkan UMKM Indonesia

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini