Mau Liburan Murah Meriah? Begini Caranya

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 320 2254506 mau-liburan-murah-meriah-begini-caranya-OQQRG8rYSx.jpg Ragunan Menjadi Salah Satu Tempat Liburan dengan Biaya Tidak Mahal. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Pandemi virus corona membuat pergerakan masyarakat terbatas, tempat wisata hingga moda transportasi pun sempat dihentikan sementara beberapa waktu. Aktivitas masyarakat banyak dilakukan di rumah, sebagai upaya pencegahan virus corona.

Alhasil masyarakat kini merasa bosan. Keinginan untuk berlibut di tengah situasi Covid-19 meningkat, tapi dengan biaya ekstra. Sebab bila ingin berpergian ke luar kota menggunakan pesawat atau moda transportasi lain, wajib membawa surat sehat dan bebas Covid. Hal ini menjadi biaya tambah, di samping harga tiket juga tinggi karena kapasitas angkutnya dibatasi.

Lantas harus bagaimana, supaya bisa tetap liburan dengan biaya yang terjangkau tanpa membuat kantong kalian jebol?

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, akan ada selalu jenis piknik yang hemat budget. Tinggal bagaimana menyesuaikan jenis refreshing apa yang akan jalankan sesuai dengan kesukaan kamu.

Baca Juga: 5 Strategi Atur Keuangan bagi Suami Istri LDR, Jangan Lupakan Nomor 4

"Tergantung dari passion ataupun keinginan untuk kesenangannya tiap orang ya. Kalau ditanya ada nggak ada pasti ada," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (30/7/2020).

Sebagai salah satu contohnya, jika yang memiliki hobi baca buku. Tetap bisa piknik dengan pergi piknik ke toko buku ataupun perpustakaan untuk membaca buku.

Untuk berkunjung ke perpustakaan, hanya perlu mengeluarkan uang untuk bensin dan parkir kendaraan. Tapi uang yang dikeluarkan cukup sepadan karena bisa membaca buku sepuasnya di perpustakaan tanpa harus membayar.

Baca Juga: 4 Investasi untuk Tabungan Pendidikan si Kecil

"Hobinya baca pasti refreshing yang paling menyenangkan buat dia pasti baca. Entah itu dia beli buku atau baca ulang buku yang dia punya , atau bertukar dengan teman atau sekarang banyak buku buku online itu pasti jadi sarana refreshing yang murah meriah banget kan Atau misalnya bosan di rumah oh dia bisa datang ke perpusnas tempatnya bagus, koleksinya banyak pasti enak banget dan cuma bayar transport sama parkir," jelasnya.

Atau contoh lainnya adalah bagi mereka yang suka dengan sejarah maka bisa berkunjung ke Museum. Memang beberapa museum gratis untuk dikunjungi, namun biaya masuknya akan lebih murah jika dibandingkan dengan tempat wisata lainya.

"Terus buat yang suka dengan sejarah datang ke museum. Banyak komunitasnya juga. Terus ada Jakarta heritage. Mereka tour ke museum ke tempat bersejarah. Lumayan murah kan" kata Andi.

Sementara jika ingin pergi bermain dan menghabiskan waktu dengan keluarga, bisa mengunjungi destinasi wisata yang murah meriah. Misalnya untuk yang ada di sekitar Jakarta adalah objek Wisata Ancol atau Kebun Binatang Ragunan.

"Terus misalnya piknik keluarga atau berdua aja minimal ke Ancol gitu kan. Masuk murah bayar parkir kita bisa jalan jalan di pinggir pantai. Bahkan pernah liat makanya bawa sendiri , bawa bekal sendiri Atau ke ragunan lebih murah lagi. Jadi sebenarnya banyak yang bisa kita manfaatkan," jelasnya.

Selain itu, bisa juga piknik ke hutan atau taman kota. Di sana, bisa berkumpul bersama teman dan keluarga tanpa harus mengeluarkan uang.

"Bahkan kalau mau murah beneran kita juga misalnya bisa beberapa orang pikniknya itu di hutan kota. Contohnya kaya di Jakarta Timur, saya suka lihat banjir kanal timur itu kan lumayan hijau daerahnya nah itu bahkan ada yang bikin arisan disitu gathering komunitasnya di situ bener bener murah meriah banget mereka cuma bawa makanan nggak perlu tiket masuk segala macam," kata Andi.

Lalu untuk yang memiliki hobi olahraga, Andi menyebut hal tersebut juga bisa menjadi sarana refreshing yang hemat dompet. Bagi yang berada di Jakarta, bisa dengan cara mengunjungi komplek Gelora Bung Karno (GBK) untuk lari, atau bersepeda

"Atau bagi yang suka olahraga bisa ke GBK, Rawamangun (velodrome). Jadi tergantung pengennya yang dicari apaan," kata Andi.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini