Intip Revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang yang Habiskan Rp69 Miliar

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 470 2256654 intip-revitalisasi-kawasan-saribu-rumah-gadang-yang-habiskan-rp69-miliar-YDES9EXm7h.jpg Saribu Rumah Gadang (Foto: Kementerian PUPR)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kembali melakukan revitalisasi terhadap sektor wisata. Kali ini revitalisasi akan dilakukan di kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG), Sumatera Barat.

Kawasan yang terletak sekitar 147 km dan dapat ditempuh dengan waktu 3,5 sampai 4 jam perjalanan darat jika ditempuh dari pusat kota Padang. Kawasan SRG yang terletak di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat tersebut menawarkan sejumlah kekayaan pesona dan keindahan budaya dari Kota tersebut.

 Baca juga: Pariwisata Mulai Bangkit, Kepala Bappenas Tegaskan Bali Aman Dikunjungi

"Dengan luas 26,3 ha, kawasan SRG memiliki beragam aset budaya seperti rumah gadang, masjid, surau, serta makam yang sebagian sudah berumur ratusan tahun. Keindahan kawasan ini ditambah lagi dengan lansekap pegunungan yang melatarinya," tulis @kemenpupr, Jakarta, Selasa (4/8/2020).

 Saribu Rumah Gadang (Kementerian PUPR)

Tahap revitalisasi tersebut dilakukan pemerintah untuk meningkatkan potensi wisata serta untuk melestarikan pusaka budaya daerah setempat. Hal tersebut sebelumnya telah dirancangkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2018 silam.

 Baca juga: Masuk Sektor Prioritas, Pariwisata Dapat Jaminan Kredit 80%

Penataan kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) ini juga bermaksud untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai cagar budaya di Solok Selatan. Sehingga dapat meningkatkan minat para pengunjung ke lokasi wisata tersebut.

"Sesuai masterplan, akan dilakukan pemugaran 33 rumah gadang, penataan lansekap kawasan, serta pembangunan Menara Songket dan sejumlah fasilitas untuk wisatawan. Pekerjaan revitalisasi ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020 dengan anggaran APBN TA 2019-2020 Rp69,7 miliar," tulis keterangannya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini