Resmikan Bandara YIA, Jokowi: Dikerjakan Sangat Cepat Hanya 20 Bulan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 320 2268810 resmikan-bandara-yia-jokowi-dikerjakan-sangat-cepat-hanya-20-bulan-WPmE4YeHhc.png Jokowi Resmikan Bandara YIA (Foto: BPMI/Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) serta menara airnav dan sistem peringatan dini tsunami pada hari ini.

Adapun peresmian ini dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Saya resmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dan pengoperasian menara Airnav dan sistem peringatan dini tsunami" kata Jokowi dalam sambutannya dalam video virtual, Jumat (28/8/2020).

Baca Juga: Pembangunan Bandara YIA Dinilai Sangat Cepat 

Dia melanjutkan pembangunan bandara internasional ini sangat cepat dilakukan. Adapun hanya memakan waktu 20 bulan "Alhamdullilah Bandara International Yogyakarta sudah selesai 100% dan dikerjakan sangat cepat hanya 20 bulan," katanya

Dia melanjutkan bandara ini berbeda dengan di Adisutjipto. Pasalnya panjang landasan bandara YIA ini bisa mendaratkan pesawat berbadan besar seperti Airbus dan Boeing.

"Ini beda dengan Bandara Adisutjipto karena di Adisucipto itu panjang runway itu 2.200 meter sedangkan di YIA itu 3.520 ini jauh panjangnya. Di sini bisa didarati Airbus A-380 dan Boeing 777," katanya.

Dia pun memuji pembangunan yang dilakukan Angkasa Pura I. Hal ini dikarenakan arsitektur bandara ini terbaik. "Saya mengapreasisai AP I yang pengerjaan menurut saya terbaik saat ini di Indonesia. Tapi enggak tahu kalau ada bandara baru," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini