Ekspor Meroket, Ini Daftar Buah Indonesia yang Jadi Primadona di Negara Orang

Safira Fitri, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 320 2270153 ekspor-meroket-ini-daftar-buah-indonesia-yang-jadi-primadona-di-negara-orang-vQFfV39XMC.jpg Manggis Salah Satu Buah yang Jadi Primadona Ekspor. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pertanian menjadi salah satu pendorong perekonomian dengan catatan ekspornya. Tercatat ekspor buah selama pandemi terus dilakukan hingga saat ini.

Berdasarkan data BPS, ekspor buah-buahan Indonesia tumbuh 23,21% pada Juni 2020. Nilainya mencapai USD430,4 juta atau setara Rp6,25 triliun (kurs Rp14.557 per USD).

Baca Juga: RI Ekspor Kelapa hingga Cengkeh ke Jerman, China dan Jepang

"Halo SobaTani, pasar internasional mengakui bahwa kualitas buah-buahan nusantara yang terbaik di dunia. Ayo kita manfaatkan keunggulan ini agar menjadi daya saing kita di kancah internasional," tulis Instagram @ementerianpertanian, Jakarta, Senin (31/8/2020).

Kementan pun akan memaksimalkan potensi ekspor tersebut. Pasalnya, devisa negara bisa bertambah dari ekspor buah-buahan.

Baca Juga: Ekspor Indonesia ke Singapura dan Malaysia Meroket meski Resesi

Adapun jenis buah yang menyumbang ekspor terbesar meliputi mangga, manggis, nanas, rambutan, durian, hingga buah naga. Buah tersebut dianggap sebagai jenis buah tropis terbaik di dunia.

Kementerian Pertanian (Kementan) RI bersama stakeholder lainnya, akan memperkuat budidaya buah berkualitas ekspor.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini