BLT Subsidi Gaji hingga UMKM Cair tapi Belum Terima? Cek Lagi Syaratnya

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 320 2272421 blt-subsidi-gaji-hingga-umkm-cair-tapi-belum-terima-cek-lagi-syaratnya-ms4DrwV6d4.jpg Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp5 Juta Dapat Gaji Tambahan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah terus memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada pelaku usaha, pekerja hingga korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Bantuan tersebut diberikan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemi virus corona.

Untuk UMKM, pelaku usaha diberikan bantuan produktif Rp2,4 juta sebagai modal kerja. Bagi pekerja diberikan subsidi gaji Rp600.000 selama 4 bulan dan korban PHK diberikan pelatihan dan bantuan dalam program Kartu Prakerja.

Hanya saja dari bantuan-bantuan sosial yang telah disiapkan tersebut, tidak semua mendapatkannya. Pasalnya ada kriteria atau syarat yang mesti dipenuhi sebelum bansos tersebut diberikan.

Baca Juga: Twitter BPJS TK Diserbu soal BLT, Netizen: Apa Kita Di-Prank?

Seperti BLT subsidi gaji Rp600.000 yang akan diberikan kepada 15,7 juta pekerja. Ada 6 syarat yang harus dipenuhi pekerja sebelum mendapat bansos tersebut.

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk.

2. Pekerja atau Buruh

3. Terdaftar dan aktif pada program BPJS Ketenagakerjaan

4. Kepesertaan aktif sampai Juni 2020

5. Gaji di Bawah Rp5 juta

6. Memiliki rekening bank aktif

Baca Juga: Netizen Tanya Kapan BLT Rp1,2 Juta Cair ke Rekening Bank Swasta?

Kemudian untuk UMKM yang mendapat bantuan produktif juga memiliki syarat dan kriterian tertentu. Misalnya, tidak sedang melakukan pinjaman di bank, terdaftar di dinas koperasi.

Bukan PNS, TNI atau Polisi dan bukan pegawai BUMN/BUMD. Bantuan ini diberikan kepada 12 juta pelaku UMKM untuk menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan dalam program Kartu Prakerja. Ini merupakan program pengembangan kompetensi dan peningkatan produktivitas melalui bantuan biaya pelatihan.

Adapun kriteria yang mendapat Kartu Prakerja di antaranya, Warga Negara Indonesia (WNI) dengan umur di atas 18 tahun, dan tidak sedang melakukan pendidikan apapun.

Warga Negara Indonesia, berusia 18 tahun ke atas. Tidak sedang sekolah atau kuliah, terkena dampak langsung dari Covid-19.

Jenis pelatihan yang dapat diambil dalam program Kartu Prakerja di masa wabah Covid-19 adalah yang berbasis daring (online). Platform digital yang bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja sampai saat ini antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker. (fbn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini