Hotel Berbintang Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19, Ini Respons Pengusaha

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 320 2278198 hotel-berbintang-jadi-tempat-isolasi-pasien-covid-19-ini-respons-pengusaha-EYg8gMmpXL.jpg Hotel Berbintang Jadi Lokasi Isolasi Mandiri. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA Hotel bintang dua dan tiga yang berlokasi di Jakarta akan diperbantukan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19. Ini sebagai langkah persiapan pemerintah dalam mengantisipasi kamar rumah sakit yang penuh akibat kasus Covid-19 kian meningkat.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengaku, akan berkoordinasi dengan pihak Pemprov DKI untuk memastikan mekanisme pelaksanaannya. Kini, dirinya belum bisa memastikan kapan para pasien bisa ditampung di hotel-hotel yang berlokasi di Ibu Kota tersebut.

Baca Juga: Jokowi Sulap 15 Hotel Berbintang Jadi Pusat Karantina Pasien Covid-19

“Kami akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI,” kata Hariyadi saat dihubungi, Selasa (15/9/2020).

Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, pembiayaan yang ditanggung pemerintah sudah disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca Juga: Hotel Dipakai untuk Isolasi Pasien Covid-19, Duit Pemerintah Masih Cukup?

"Kita menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi masyarakat yang memerlukan. Bapak Airlangga dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan kemudahan sebuah jaminan arah yang kasus tinggi untuk boleh menyiapkan hotel-hotel yang akan dibiayai pemerintah pusat," ujar Doni, dalam preskon virtual, Sabtu (12/9/2020).

Dia pun akan terus menambahkan fasilitas tempat tidur di rumah sakit untuk bisa menampung pasien Covid-19. Hal ini untuk bisa melayani masyarakat.

 "Kita ingin sediakan banyak tempat tidur jadi bisa menampung," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini