Kebelet Nikah tapi Modal Pas-pasan, Begini Caranya

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 622 2278482 kebelet-nikah-tapi-modal-pas-pasan-begini-caranya-coOSbBAWD3.png Menikah di Tengah Pandemi Tidak Butuh Biaya Besar. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona menjadi salah satu waktu yang tepat untuk melaksanakan pernikahan. Dari sisi bujet, anggaran yang disiapkan tidak besar, karena tamu yang diundang tidak banyak dengan alasan protokol kesehatan. 

Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, pernikahan saat pandemi bisa dilangsungkan dengan biaya yang minim. Sebab ada aturan yang membatasi kapasitas pengunjung dalam pesta pernikahan. 

Baca Juga: 4 Investasi Menjanjikan di Tengah Covid-19

Apalagi bagi yang melangsung pernikahan di Jakarta, di mana saat ini Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan kembali. Pernikahan hanya diizinkan di KUA dan catatan sipil.

"Kalau aku secara pribadi menyarankan begini, kalau mau nikah biaya terbatas sebenarnya cara paling memungkinkan untuk melangsungkan pernikahan pas pandemi," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (16/9/2020).

Biaya pernikahan saat ini relatif lebih kecil. Bahkan dengan modal Rp5 juta seharusnya sudah bisa melangsungkan pernikahan.

"Karena kan kalau kita beneran patuh pada aturan kita enggak perlu mengundang orang banyak banyak. Dan itu menguntungkan banget dengan kita yang mungkin bujet terbatas. Jadi kalau bicara tentang dananya apa saja yang diperlukan dalam masa pandemi ini," jelasnya.

Baca Juga: Masih Muda Sudah Atur Keuangan? Begini Keuntungannya

Sementara bagi mereka yang ingin melaksanakan pernikahan hanya sebatas di KUA atau catatan sipil. Biasanya pasangan pengantin hanya membayar biaya administrasi hanya Rp150.000 saja.

"Bisa dibilang kaya kebutuhan nikah dasar aja. Nikah pas pandemi harus di KUA. Malah bisa mengirit banyak karena kita hanya mengeluarkan biaya administrasi saja," jelasnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini