2,8 Juta Pekerja Terima BLT Subsidi Gaji Tahap 4

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 21 September 2020 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 320 2280993 2-8-juta-pekerja-terima-blt-subsidi-gaji-tahap-4-8wmI95iomJ.jpg BLT Pegawai (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sebanyak 2,8 juta pekerja dijadwalkan akan menerima BLT subsidi gaji tahap 4 sebesar Rp1,2 juta pada pekan ini. BLT subsidi gaji diberikan bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah sudah menerima data baru penerima bantuan subsidi upah (BSU) batch keempat dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK). Adapun data yang diterima adalah sebanyak 2,8 juta rekening calon penerima.

"Sesuai dengan Juknis, kami akan proses checklist mulai hari ini selama empat hari kerja. Kami akan melihat kesesuaian data yang diserahkan oleh BPJSTK," ujar Ida seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis 17 September 2020.

Baca Juga: Alasan BLT Rp1,2 Juta Belum Masuk ke Jutaan Rekening 

Saat ini banyak program di Kemnaker yang diarahkan untuk perluasan kesempatan kerja kepada rekan-rekan yang terdampak pandemi Covid-19. Khususnya program pelatihan kewirausahaan baru yang sedang dikembangkan oleh Kemnaker.

"Kita apresiasi kreativitas teman-teman, jam kerja mereka berkurang sehingga mereka memanfaatkan untuk usaha lain yang tidak mengganggu waktu kerjanya. Mereka kan masih berstatus sebagai karyawan, jadi mereka mendapatkan penghasilan tambahan," ucap Ida.

 

Dengan diterimanya 2,8 juta data calon penerima BSU ini, Kemnaker akan segera memproses pencairan BSU tahap keempat setelah proses checklist selesai. Adapun persyaratan, proses, dan ketentuannya masih sama dengan batch-batch sebelumnya.

Sementara itu, sesuai komitmen bersama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tentang penyerahan bertahap data penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) menyerahkan data calon penerima BSU gelombang IV. Data tersebut diserahkan oleh pihak BP Jamsostek kepada Kemnaker dengan jumlah data sebanyak 2,8 juta nomor rekening peserta.

“Jadi total nomor rekening yang telah kami serahkan ke Kemnaker hingga saat ini sebanyak 11,8 juta data nomor rekening peserta,” ujar Direktur Utama BP Jamsostek, Agus Susanto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini