Ternyata Ekonomi RI Sudah Diramal Minus sejak Awal Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 320 2285452 ternyata-ekonomi-ri-sudah-diramal-minus-sejak-awal-covid-19-W7bJAyCgtn.jpg Proyeksi ekonomi (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menilai perekonomian Indonesia mengalami pertumbuhan negatif sebenarnya telah diperkirakan sejak Maret 2020. Di mana, ketika kasus pertama Covid-19 terkonfirmasi di Tanah Air.

Wakil Menteri Keuangan Suahasi Nazara mengatakan tanda-tanda perekonomian Indonesia akan mengalami tekanan sangat dalam juga sudah mulai terasa sejak pandemi Covid-19 menekan ekonomi China, Italia, dan beberapa negara Eropa lainnya. “Ketika itu, ketika Maret kita memperkirakan bahwa Indonesia juga kena,” ujar Suahasil dalam diskusi virtual, Selasa (29/9/2020).

 Baca juga: Jelang Resesi, Bos BI: Perbaikan Ekonomi Kuartal III Berjalan Pelan

Dia pun berusaha mendorong pertumbuhan ekonomi kuartal III-2020 mengalami perbaikan dari kuartal sebelumnya yakni minus 5,32%. Setidaknya meski tetap berada di zona negatif, namun secara prosentase angka pertumbuhan di kuartal III bisa lebih kecil.

"Kita berharap di kuartal ketiga ini Juli, Agustus, dan September kita mengalami perbaikan meskipun masih tetap di zona negatif tapi angkanya kecil," bebernya.

 Baca juga: Flash Back Krismon 1998, Kesaksian Mochtar Riady Rush hingga Pinjaman IMF

Dia menambahkan pandemi Covid-19 berdampak besar pada kegiatan seluruh perekonomian dunia tak terkecuali Indonesia. Akibatnya, banyak negara-negara yang juga mengalami kontraksi pelemahan ekonomi dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kita membayangkan bahwa perekonomian ini akan menjadi negatif secara perekonomian sekarang hitung-hitungan ekonomi kita sudah membayangkan hal ini akan terjadi sejak bulan Maret yang lalu kasus pertama Covid 19 di Indonesia itu muncul," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini