Jelang Resesi, Bos BI: Perbaikan Ekonomi Kuartal III Berjalan Pelan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 28 September 2020 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 320 2284820 jelang-resesi-bos-bi-perbaikan-ekonomi-kuartal-iii-berjalan-pelan-21TlmRZ7lo.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Tangkapan layar di youtube BI)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai perbaikan ekonomi pada kuartal III-2020 sudah cukup terlihat. Akan tetapi, perbaikan tersebut masih berjalan lambat.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan perbaika ekonomi pada kuartal ketiga ini akan berjalan dengan perlahan. Hal ini terlihat dari Purchasing Managers Index (PMI), atau yang disebut sebagai Indeks Manufaktur membaik. Serta meningkatnya ekspor non migas yang sudah kembali membaik.

Baca juga:  Erick Thohir: Kalau Kesehatan Tak Diselesaikan, Lupakan Ekonomi

"Perbaikan di triwulan ketiga akan berjalan secara perlahan," ujar Perry dalam rapat dengan Komisi XI secara virtual, Senin (28/9/2020).

Kata dia, pemerintah terus memberikan stimulus keuangan bagi sektor ekonomi yang terdampak. Hal ini dilakukan agar mencegah penuruan ekonomi yang lebih tajam.

 Baca juga: 5 Fakta Mencengangkan Nasib Pengusaha Mal saat PSBB Diperpanjang

"Ini dampak beberapa hal dan berbagai stimulus ini bisa mengindari penurunan yang lenih tajam dan memberikan perbaikan dan memang secara bertahap," jelasnya.

Dia menekankan BI akan memperkuat sinergi ekspansi moneter dengan akselerasi stimulus fiskal Pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Bank Indonesia melalui bauran kebijakannya akan terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah dan otoritas terkait agar berbagai kebijakan yang ditempuh semakin efektif mendorong pemulihan ekonomi," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini