Tak Semua Sektor Farmasi Perkasa, 3 Emiten Ini Kinerjanya di Bawah IHSG

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 278 2289426 tak-semua-sektor-farmasi-perkasa-3-emiten-ini-kinerjanya-di-bawah-ihsg-77im9sxSaa.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Data pertumbuhan PDB yang dirilis oleh BPS menunjukan bahwa pada Kuartal II-2020, sektor jasa kesehatan mengalami penurunan sebesar 4,15% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Hal ini dikarenakan, industri farmasi dan rumah sakit menghadapi tantangan yang cukup berat di era pandemi Covid-19 seperti ini. Masyarakat yang menunda kunjungan ke rumah sakit menekan penjualan obat-obatan dan pemasukan dari jasa layanan kesehatan.

 Baca juga: IHSG Berpotensi Menguat, Berikut 10 Menu Saham yang Direkomendasikan

Riset Lifepal, Jakarta, Rabu (7/10/2020), hal ini membuat ada 3 emiten yang pergerakan harga sahamnya di bawahperforma Indeks Konsumer dan Indeks Perdagangan dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Sebagai informasi, emiten-emiten saham farmasi berada di lingkup Indeks Konsumer, sedangkan emiten-emiten saham rumah sakit tergolong pada Indeks Perdagangan.

 Baca juga: IHSG Diprediksi Menguat, Menu Rekomendasi dari Saham INDF hingga BSDE

Data kinerja menunjukan ada 3 emiten Farmasi yang kinerjanya kalah dengan IHSG dan indeks konsumer. Tapi ada 1 yang masih di atas indeks konsumer namun di bawah IHSG. Berikut emitennya:

1. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF)

Kalbe Farma merupakan perusahaan internasional yang memproduksi farmasi, suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan yang bermarkas di Jakarta. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam-macam bahan farmasi.

2. PT Merck Tbk (MERK)

PT Merck Tbk didirikan pada tahun 1970, PT Merck Tbk menjadi perusahaan publik pada tahun 1981, dan merupakan salah satu perusahaan pertama yang terdaftar di Bursa Saham Indonesia. Hingga kini, PT Merck Tbk berkembang bersama 640 karyawan yang berkantor pusat di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

PT Merck Tbk menjadi pusat manufaktur bagi Grup Merck di kawasan Asia Tenggara karena satu satunya yang menjadi fasilitas pabrik di kawasan ini. Produk-produk PT Merck Tbk telah menjadi pemimpin di pasar obat resep.

3. PT Tempo Scan Pacific Tbk (TSPC)

Tempo Scan Pasific merupakan salah satu perusahaan yang tergabung dalam Tempo Group yang membawahi divisi farmasi. Unit bisnis anak perusahaan ini terdiri dari pembuatan dan pendistribusian produk-produk farmasi, perawatan kesehatan, kosmetik dan jasa distribusi.

Tempo Scan Pacific juga berkembang melalui divisi-nya yang terdiri dari divisi farmasi, divisi perawatan pribadi, divisi kosmetik dan dibantu pula dengan divisi pemasaran.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini