Share

Luhut: Waspadai Perubahan Cuaca, Ditakutkan Timbul Klaster Baru Covid-19

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2020 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 320 2289610 luhut-waspadai-perubahan-cuaca-ditakutkan-timbul-klaster-baru-covid-19-gYcurcsKxa.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) virtual tentang Penanganan Covid 19 di Wisma Atlet Jakarta.

Dalam rapat tersebut, Menko Luhut meminta agar Wisma Atlet, Kementerian Kesehatan dan perwakilan BUMN untuk terus waspada dengan faktor cuaca terkait dengan pengendalian penularan virus corona.

"Tiga bulan ke depan kita harus bersiap dengan perubahan cuaca yang ekstrem, ditakutkan akan timbul klaster baru karena faktor tersebut," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/10/2020).

Menurutnya, perubahan cuaca ini dapat menimbulkan penyakit demam berdarah yang gejalanya mirip dengan Covid 19. "Kita harus mampu mengakomodir keduanya pula, jangan sampai satu orang terjangkit keduanya," ungkap dia.

Selain memperingatkan tentang sistematika pencegahan tersebut, Menko Luhut juga mengingatkan kepada Wisma Atlet untuk terus menjaga kedisiplinan mereka yang sudah baik.

"Angka kesembuhan yang tinggi di wisma atlet ini harus dipertahankan, juga bisa menjadi rujukan bagi RS lainnya," jelas dia.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator RSD Wisma Atlet, Mayjen Tugas Ratmono menekankan bahwa wisma atlet memiliki presentase kesembuhan yang tinggi.

"Tingkat kesembuhan di wisma atlet rata-rata mencapai 90%, dan kami terus menerapkan kedisiplinan untuk meningkatkan angka kesembuhan. Dan kita juga akan terus waspada terkait perubahan cuaca ekstrem dan akan menyiapkan berbagai mitigasi terhadap hal tersebut," tandas dia.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini