Geber Pembangunan Infrastruktur di Tengah Corona ala Jokowi-Ma'ruf

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 320 2296427 geber-pembangunan-infrastruktur-di-tengah-corona-ala-jokowi-ma-ruf-avAdnPI9rM.png Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berusia satu tahun pada Rabu (20/10/2020).

Tepat 365 hari yang lalu, keduanya menjalani pelantikan di dalam sidang Paripurna MPR yang dipimpin langsung Ketua MPR Bambang Soesatyo di Gedung Parlemen.

Jokowi sepakat untuk tetap fokus membangun infrastruktur di berbagai pelosok Tanah Air seperti periode sebelumnya. Orang nomor satu di Indonesia itu meyakini bila ketersediaan infrastruktur akan mempercepat ekspansi ekonomi.

"Stok infrastruktur Indonesia terhadap PDB naik drastis. Pada tahun 2015, nilai stok infrastruktur Indonesia angkanya 35%. Dalam kurun waktu empat tahun naik 8%. Angka ini akan terus digenjot mengejar ketertinggalan standar global minimal sebesar 70%," tulis laporan tahunan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dari Kantor Staf Kepresidenan (KSP) yang dikutip Okezone, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga: 1 Tahun Jokowi-Ma'ruf, RI Akan Jadi Raja Baterai dan Produsen Mobil Listrik Dunia

Namun, pengerjaan infrastruktur ada beberapa yang mengalami penundaan sementara. Hal tersebut karena pandemi Covid-19 menyerang Indonesia sejak Maret 2020. Salah satunya yang ditunda adalah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

"Sementara pembangunan infrastruktur tetap berlanjut demi mewujudkan ketahanan air, kedaulatan pangan, dan ketahanan energi," sambungnya.

Akibat wabah itu, pemerintah melakukan refocusing dan realokasi anggaran dengan prioritas pada penanganan dampak Covid-19. Kebijakan energi berkeadilan tetap menjadi perhatian utama. Di mana setiap masyarakat Indonesia mempunyai akses yang sama terhadap energi.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini