Minta Anak Buah Terus Kerja, Sri Mulyani: Ilmu Tak Boleh Pensiun

Ferdi Rantung, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 320 2299618 minta-anak-buah-terus-kerja-sri-mulyani-ilmu-tak-boleh-pensiun-tbVGrznMzR.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menginginkan para pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu), baik yang sudah dan ingin pensiun agar menuangkan pengalamannya dan pengetahuan terkait pengelolaan keuangan negara di dalam sebuah buku. Menurutnya, banyak masyarakat yang belum paham terkait pengelolaan uang negara.

"Jadi saya menginginkan banyak sekali para pejabat kita yang sudah sekarang menjadi widyaiswara untuk menuangkan pengalaman dan ilmu yang mereka dapatkan itu dituangkan dalam berbagai macam buku dan sharing pengalaman dan knowledge ini," katanya dalam seminar secara virtual, Senin (26/10/2020).

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Pemimpin Era Transformasi Digital, Jawabannya Mengejutkan

Dia menilai, bahwa ilmu tentang pengelolaan keuangan menempel hanya pada para pejabat, sehingga jika pejabatnya sudah hilang atau sudah retired, maka ilmu yang sebagian banyak bersifat pasif knowledge juga ikut retired atau pensiun.

"Padahal seharusnya ilmu itu tidak boleh tired atau tidak boleh pensiun. Ilmu harus terus berkembang," terangnya. 

Baca Juga: Sri Mulyani ke Wisudawan STAN: Jangan Arogan dan Tinggi Hati

Untuk itu, Kemenkeu menjalankan apa yang disebut corporate university. Di mana setiap pejabat adalah pemegang dan sekaligus produser ilmu. Sehingga ilmu mengenai pengelolaan keuangan negara bisa dibagikan.

"Banyak sekali para pejabat kita yang luar biasa, mereka biasa diam tidak bicara padahal ilmunya banyak, memang betul peribahasanya semakin dalam ilmunya, semakin tenang. Tapi kalau terlalu tenang nanti hanyut, negara Indonesia tidak mendapatkan ilmu itu. Untuk itu kita tangkap dan kemudian kita bagikan bagi generasi muda di lingkungan kementerian keuangan atau bahkan di luar kementerian Keuangan," tandasnya. 

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini