Share

Pergerakan IHSG Tertekan dibayangi Sentimen Global

Aditya Pratama, iNews · Senin 02 November 2020 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 278 2302632 pergerakan-ihsg-tertekan-dibayangi-sentimen-global-XvsbdOO58s.jpg Saham (Shutterstock)

JAKARTA - Setelah libur panjang, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) membuka awal perdagangan bulan ini, di zona merah. IHSG dibuka di level 5.088,873 melemah 0,78%.

Analis CSA Research Institute Reza Priyambada menilai bahwa pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini akan dipengaruhi sejumlah sentimen global. Salah satunya, penerapan lockdown kembali di beberapa negara eropa akibat gelombang kedua dari pandemi Covid-19.

 Baca juga: Cermati IHSG di November, Simak Prediksi Analis MNC Sekuritas!

"Lockdown di negara - negara eropa dapat memicu sentimen negatif bagi pelaku pasar," katanya dalam Market Opening IDX channel, Senin (11/1/2020)

Selain itu, lanjut Reza, pelaku pasar juga sedang mengamati perkembangan dari pemilu yang ada di Amerika Serikat. Sebab, siapa pun yang terpilih nanti tentu akan memberikan pengaruh pada ekonomi global.

 Baca juga: Saham BBTN dan BMRI Diprediksi Cuan, Rekomendasi Jangka Panjang

"AS merupakan negara yang mempunyai pengaruh terhadap ekonomi global, sehingga saat ini para pelaku pasar sedang mengamati debat - debat proyeksi kebijakan dari kedua kandidat," terangnya.

Sedangkan sentimen dari dalam negeri, pelaku pasar tentunya menunggu laporan pertumbuhan ekonomi di kuartal III.

Dengan adanya sentimen sentimen tersebut, Reza memprediksi bahwa IHSG akan terkoreksi terlebih dahulu kemudian rebound kembali.

"IHSG akan terkoreksi terlebih dahulu kemudian rebound kembali. IHSG akan bergerak di 5.025 - 5.040," tandasnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini