Joe Biden Jadi Presiden AS, Menko Airlangga: Indonesia Butuh Ketenangan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 09 November 2020 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 320 2306643 joe-biden-jadi-presiden-as-menko-airlangga-indonesia-butuh-ketenangan-756wBmWt8L.png Joe Biden (Foto: Reuters)

JAKARTA - Joe Biden terpilih menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS) setelah memenangi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2020. Pemimpin dunia pun, termasuk Presiden Indonesia Jokowi pun mengucapkan selamat atas kemenangan Joe Biden.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, dengan kemenangan Joe Biden yang menjadi Presiden AS, Indonesia butuh ketenangan dan kepastian.

"Kita mengapresasi pemerintah AS dan pemenang dalam hal ini bapak Joe Biden. Nah bagi Indonesia ini butuh kepastian dan stabiltas geopolitik China dan Amerika penting. Kita memerlukan ketenangan dan kepastian," kata Airlangga dalam video virtual, Senin (9/11/2020).

Infografis

Menurutnya, ketenangan dan kepastian ini bisa terjadi kalau geopolitik aman. Kepemimpinan baru membawa ketenangan pada Indo- Pasifik. Jika, Indo-Pasifik aman, maka pertumbuhan ekonomi terjaga.

"Jadi pertumbuhan ekonkmi kita jaga dan ada optimisme regional karena kita ketahui Indonesia adalah bagian dari negara ekonomi Asean," katanya.

Serta, jika tekanan geopolitik aman maka pergerakan ekonomi Indonesia di Asean bisa berjalan dengan baik. "Jika jika Indo-Pasifik aman lalu regional aman jadi Asean bisa menjalani ekonomi dalam mensejahterakan rakyat," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini