Vaksin Bikin IHSG Menguat, Investor Borong Saham Perbankan

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 278 2307156 vaksin-bikin-ihsg-menguat-investor-borong-saham-perbankan-lD1zNboCMs.jpg IHSG (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan hari ini. IHSG naik 1,59% atau 85,05 poin, yang membuat indeks tembus ke level 5.400 atau tepatnya menjadi 5.441,06.

Head of Research PT FAC Sekuritas, Wisnu Prambudi Wibowo mengatakan bahwa menguatnya indeks saham dipengaruhi oleh kabar terbaru dari vaksin Covid-19. Selain itu, pasar juga masih menyambut kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat.

"Sentimen dari vaksin menjadikan driver bagi market untuk bullish lagi. Pasar juga masih menanggapi kemenangan Joe Biden. Jadi hingga akhir tahun bullish lagi" katanya dalam Market Opening IDX Channel, Selasa (10/11/2020)

Dia menuturkan, menguatnya IHSG didorong aksi investor asing tercatat melakukan net buy pada saham - saham sektor perbankan.

Di antaranya seperti seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI)

Wisnu menambahkan, menguatnya IHSG dengan begitu cepat, akan diwarnai dengan aksi profit taking. Namun hal itu hanya akan terjadi dalam jangka pendek saja.

"Jika banyak yang melakukan aksi jual maka indeks akan melemah. namun kalo aksi beli lebih banyak dari pada jual maka indeks akan melanjutkan penguatan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini