Praktik Monopoli Pemicu Harga Benih Lobster Mahal

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 320 2308694 praktik-monopoli-pemicu-harga-benih-lobster-mahal-1nnZ3IK5ec.jpg Benih Lobster (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga adanya praktik monopoli pada jasa pengiriman logistik ekspor benih lobster. Hal ini dinilai merugikan perusahaan pengekspor benih lobster.

Direktur Investigasi KPPU Gopera Panggabean mengatakan praktek monopoli ini membuat ongkos kirim ekspor benih lobster menjadi lebih mahal. Khususnya untuk para pelaku ekspor di luar Jawa, misalnya dari Bali, NTB, hingga NTT.

Baca Juga: Duh, Ada Monopoli Bisnis Benih Lobster

"Pertama mahalnya harga, kedua pasar yang berisiko. Ini potensi berdampak pada dua hal. Penanganan benda hidup memerlukan waktu pengiriman yang cepat. Barang ada di NTB kemudian harus di Jakarta," kata Gopera dalam video virtual, Kamis (12/11/2020).

Kata dia, prinsipnya baik BUMN maupun swasta jika terbukti melakukan monopoli bisnis lobter ini dalam hal pelanggaran keduanya dimungkinkan masuk ke penegakan hukum.

"Apakah ada kebijakan pemerintah di dalamnya. Ini seyogyanya bisnis pelaku usaha bisnis yang masuk dalam persaingan usaha. Bukan ada dasar bisa berpotensi menciptakan pasar yang tidak efisien," katanya.

Dia memastikan KPPU masih akan melakukan pendalaman lebih lanjut untuk menemukan alat bukti. Jika terdapat bukti-bukti yang lengkap, KPPU akan menaikkan perkara ini ke penyelidikan.

“Dari penelitian masih bisa berkembang pada siapa saja sasarannya. Tindakan itu tidak hanya kegiatan dilarang karena bisa saja merupakan praktik perjanjian yang dilarang,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini