Menteri Basuki Bikin Candi Borobudur Nyaman dengan Menata 763 Homestay

Aditya Pratama, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 320 2309104 menteri-basuki-bikin-candi-borobudur-nyaman-dengan-menata-763-homestay-RNSysDvwZl.jpg Candi Borobudur. (Foto: Okezone.com/Blamethemonkey)

MAGELANG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa pihaknya akan mengerjakan penataan Kawasan Candi Borobudur. Tidak hanya itu, saat ini sedang dilakukan penataan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Basuki menyampaikan, dalam penataan yang dilakukan pihaknya bukan di candinya, melainkan kawasan Candi Borobudur yang merupakan salah satu destinasi wisata yang diprioritaskan di tahun 2020.

Baca Juga: Sektor Pariwisata Belum Pulih, Masyarakat Masih Takut Jalan-Jalan

"Kita punya 10 prioritas destinasi wisata yang istilahnya 10 New Bali. Kita fokus dulu pertama di 5 yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika di NTB, dan Likupang. Itu yang dikerjakan kawasannya dan konektivitasnya juga aksesnya," ujar Basuki di Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/11/2020).

Dia menambahkan, tujuan dari penataan di KSPN Borobudur adalah agar wisatawan mengetahui perjalanannya sudah sejauh mana sebelum tiba di Candi Borobudur.

Baca Juga: Kang Emil: Pariwisata Jabar Lebih Dulu Bangkit dari Bali

Untuk itu, dalam melakukan penataan di kawasan strategis pariwisata nasional Borobudur, Kementerian PUPR melebarkan jalan, peningkatan pengolahan sampah, penambahan air bersih, perbaikan home stay dan jalan tol.

"Jalan-jalan diperlebar, jadi orang jalan juga nyaman. Kemudian homestay dan hotel dibuat nyaman. Masyarakat di sini tidak hanya menonton, tapi mereka mendapatkan manfaat dari wisata. Ada 763 homestay kalau tidak salah yang diperbaiki. Di daerah-daerah rumahnya kita upgrade untuk menjadi homestay. Kita siapkan di kawasan ini toilet-toilet yang baik kebersihannya," katanya.

"Penanganan sampah yang sekarang sudah berjalan, air bersih kita tambah. Jadi semua fasilitas wisata kepada wisatawan bisa merasa nyaman ke Borobudur," sambungnya.

Terkait jalan tol, untuk mempermudah wisatawan yang ingin ke Borobudur, Kementerian PUPR akan memulai rangkaian pembangunan proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ditandai dengan prosesi Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol, Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres pada Proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha jalan tol tersebut hari ini.

"Termasuk jalan tolnya untuk menghubungkan, jadi kalau orang dari Semarang ke sini waktu tempuhnya jadi lebih cepat. Jadi dengan adanya tol ini orang bisa menghabiskan waktu lebih lama dan nyaman di sini dan membelanjakan uangnya lebih banyak di sini. Masyarakat akhirnya mendapatkan manfaatnya," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini