Jokowi Ingin Hubungan Asean-Selandia Baru Semakin Erat

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 320 2309469 jokowi-ingin-hubungan-asean-selandia-baru-semakin-erat-k34GbNr3TY.png Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor hari ini.

Pertemuan pertama yang dihadiri oleh Jokowi adalah KTT Asean-Selandi Baru. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut mengucapkan selamat kepada Jacinda Ardern yang terpilih kembali sebagai Perdana Menteri (PM) Selandia Baru.

“Saya ingin mulai dengan menyampaikan ucapan selamat atas mandat baru PM Jacinda sebagai PM Selandia Baru," kata Jokowi sebagaimana dalam keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Lebih dari 30 Juta Masyarakat Terancam Kehilangan Pekerjaan 

Setelah itu, dalam sambutannya Jokowi mendorong agar adanya penguatan kemitraan ASEAN-Selandia Baru dalam beberapa isu.

Pertama, Kepala Negara mendorong agar kemitraan di Pasifik diperkuat. Menurutnya, hubungan Selandia Baru dengan negara-negara Pasifik Selatan cukup kuat. Karena itu, Indonesia dan Asean harus memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik Selatan.

"Hubungan baik kita dapat kita gunakan untuk perkuat kemitraan dengan Pasifik Selatan termasuk di bidang perikanan dan perubahan iklim. Asean Outlook on the Indo-Pacific tentunya dapat dijadikan pijakan bagi pengembangan kerja sama dengan Pasifik Selatan," beber Jokowi.

 

Untuk yang kedua, Jokowi memandang ASEAN-Selandia Baru perlu memperkuat kerja sama penguatan multilateralism. Adapun upaya penguatan multilateralisme tersebut penting sekali untuk dilakukan bersama-sama.

"Kita harus pastikan, multilateralism delivers for all," imbuhnya.

Ketiga, lanjut Mantan Gubernur DKI itu, sebagai salah satu perwujudan multilateralisme, maka Asean-Selandia Baru perlu memperkuat integrasi ekonomi kawasan yang saling menguntungkan.

“Oleh karena itu, Indonesia menyambut baik keputusan Selandia Baru untuk menandatangani Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP),” pungkas Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini