Tolak Miskin di Hari Tua, Begini Caranya

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 29 November 2020 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 622 2317999 tolak-miskin-di-hari-tua-begini-caranya-LEKV4c3Lp5.jpg Tips Mengelola Dana Pensiun (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Ada banyak cara mengumpulkan dana pensiun agar di hari tuanya tidak menderita. Menabung salah satunya.

Sejatinya banyak alasan mengapa seseorang tidak memiliki dana pensiun yang cukup di masa tua. Penyebabnya beragam, bisa akibat pengeluaran di masa muda terlalu besar karena faktor gaya hidup, atau bisa juga karena seseorang memiliki kewajiban untuk menghidupi orangtua, saudara kandung, dan anak Anda. Bisa pula, karena ketidakpahaman soal pentingnya dana pensiun.

Berikut adalah tips bagi Anda yang saat ini berusia 40 tahun, belum mengumpulkan dana pensiun, dan memiliki penghasilan pas-pasan seperti dilansir riset Lifepal.

1. Berinvestasilah dengan metode cost averaging untuk dana pensiun

Untuk bisa mengumpulkan dana sebesar Rp1,29 miliar selama 18 tahun, berinvestasi dengan cara lump sum (sekali bayar) tentu cukup berisiko. Anda bisa saja kekurangan aset likuid dalam jumlah besar, yang bisa berdampak serius dalam kesehatan finansial. Lakukanlah investasi berkala (cost averaging) setiap bulan untuk mengumpulkan dana pensiun Anda.

Dengan menyisihkan dana sebesar Rp1,95 juta per bulan ke instrumen investasi yang bisa menghasilkan imbal hasil 10% per tahun, maka Anda membutuhkan waktu 225 bulan untuk bisa mendapatkan uang Rp1,29 miliar.

Baca Selengkapnya: 6 Cara Kumpulkan Dana Pensiun agar Tak Susah di Hari Tua

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini