6 Cara Hindari Konflik di Tempat Kerja, Nomor 5 Paling Susah Dijaga

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 320 2322615 6-cara-hindari-konflik-di-tempat-kerja-nomor-5-paling-susah-dijaga-s3b2wWAN9T.jpg Tips Hindari Konflik Kerja di Kantor. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Konflik yang terjadi di tempat kerja terkadang sulit dihindarkan. Namun jika hal tersebut terjadi, akibatnya berpengaruh kepada kondisi psikologis dan memengaruhi produktivitas kerja.

Oleh karena itu, meski sedang ada konflik yang melanda, sebagai pekerja harus tetap profesional. Mengutip dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (5/12/2020), berikut cara-cara menghindari konflik di tempat kerja.

1. Ciptakan suasana positif dan hindari pikiran negatif

Menciptakan suasana kerja yang positif dan menyenangkan akan berdampak pada kualitas kinerja. Sehingga dapat meminimalisir konflik.

Baca Juga: Begini 4 Cara Berkomunikasi Baik dengan Bos saat WFH

2. Tidak perlu mencampuri urusan pribadi rekan kerja

Jangan ikut mencampuri urusan pribadi rekan kerja, sekalipun itu teman dekat. Selain tidak etis akan membuat risih rekan kerja.

3. Jangan menghakimi kesalahan seseorang di depan umum

Semarah apapun, hindari menghakimi orang lain di depan umum apalagi rekan kerja di kantor. Sebaiknya pikirkan waktu dan situasi yang tepat jika ingin menegur atau meminta pertanggung jawaban atas kesalahan yang diperbuat.

Baca Juga: Siap WFH Selamanya? Hal-Hal Ini Perlu Dipikirkan

4. Santun berkomunikasi

Semua kembali lagi kepada sifat dan sikap personal masing-masing. Sebisa mungkin jaga sopan santun ketika berada di mana saja, terutama di tempat kerja.

5. Menjaga emosi

Tekanan karena pekerjaan menumpuk dan deadline yang mepet merupakan hal yang bisa memicu naiknya emosi seseorang. Jika tidak bisa mengontrol kestabilan emosi, bisa merambat kepada mood buruk yang bisa berujung terjadinya konflik.

6. Menghargai perbedaan

Menghargai setiap perbedaan menjadi salah satu hal penting meminimalisir terjadinya konflik. Pada kenyataannya, perbedaan di tempat kerja sudah menjadi hal lazim. Dengan menghargai orang lain, mereka akan bersikap sebaliknya. Jika hal ini diterapkan, maka akan mengurangi pemicu konflik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini