Cara Pemilihan Pola Warna untuk Kamar Tidur Biar Nyaman

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 470 2323824 cara-pemilihan-pola-warna-untuk-kamar-tidur-biar-nyaman-cDW1wae8WH.jpg Cat Tembok (shutterstock)

JAKARTA – Kamar tidur menjadi tempat beristirahat dan bersantai setelah seharian beraktivitas penuh. Kamar tidur harus mampu membantu pemiliknya untuk menghilangkan stress dan memberikan tidur malam yang nyenyak.

Maka dari itu, desain kamar tidur harus dipikirkan dengan benar dan tidak boleh sembarangan. Salah satunya, penggunaan warna dan pola yang memiliki pengaruh besar dalam menciptakan suasana kamar tidur.

 Baca juga: Buntu Pilih Warna Cat Rumah? Coba Cocokkan dengan Zodiak

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Selasa (8/12/2020), seniman Rebecca Atwood dan desainer interior Kate Hamilton Grey membagikan tips dalam menciptakan kamar yang lebih tenang guna menghasilkan tidur lebih nyenyak.

Gunakan Pemandangan Alam Sebagai Panduan

Atwood menyarankan untuk memikirkan pemandangan alam yang dirasa paling damai, dan jadikanlah itu panduan desain kamar tidur. Seseorang mungkin bisa merasa tenang di tepi pantai, hutan, atau di pegunungan.

 Baca juga: 3 Tren Warna untuk Ciptakan Mood dalam Kamar

"Saya suka berpikir tentang mendekorasi rumah sebagai membangun habitat alami terbaik Anda," kata Atwood.

 

Bangun Moodboard (Papan Mood)

Salah satu rahasia desainer untuk menciptakan ruangan yang terasa saling terkait, dengan selalu memulai membuat moodboard (papan mood). Saat moodboard bersatu, akan mudah menemukan warna, bentuk, dan pola mana yang dirasa paling menenangkan.

"Tarik gambar dan ide yang sesuai dengan tempat ini. Bisa berupa gambar alam, tekstur, mode, interior, warna. Bisa abstrak, tapi biarkan diri Anda bermain dan bersenang-senang," kata Atwood.

Buat Palet Warna

Setelah memiliki moodboard, gunakan itu sebagai titik awal untuk membuat palet warna. Atwood mengatakan, warna netral sangat penting untuk membumikan ruang. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan warna netral dalam desain yang pilih. Setelah memiliki banyak warna yang disuka, mainkan dengan warna netral.

"Tarik keluar warna individu sebagai serpihan warna fisik (kertas, serpihan cat, contoh kain, sobekan majalah, dll). Jangan membatasi diri Anda untuk memulai. Tarik lebih dari yang Anda butuhkan," saran Atwood.

Pilih Beberapa Pola

Pada moodboard, lihat pola mana yang mungkin akan cocok. Elemen seperti air, pasir, dan batu semuanya dapat diartikan sebagai pola.

"Untuk menjaga agar segala sesuatunya terasa lembut dan santai, saya cenderung memilih motif organik, abstrak, atau bunga dan menghindari geometrik saat mendekorasi kamar," kata Hamilton Grey.

Bagi mereka yang tidak berniat mendekorasi ulang secara keseluruhan, memasukkan elemen-elemen ini pada bantal, selimut, atau penutup selimut dapat membantu mengubah kamar tidur menjadi lebih nyaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini