Harbolnas 12.12 Bisa Dongkrak Daya Beli Masyarakat

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 12 Desember 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 12 320 2326431 harbolnas-12-12-bisa-dongkrak-daya-beli-masyarakat-sXHmvyIJkR.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali diperingati di tanggal cantik. Kali ini adalah Desember 2020 atau 12.12. Momentum kali ini merupakan perayaan Harbolnas di akhir tahun.

Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) Bima mengatakan, setidaknya dalam Harbolnas besok sudah ada 200 e-commerce yang akan meramaikan kegiatan tersebut. Mereka itu terdiri dari para pedagang kecil dan besar.

Baca Juga: Harbolnas 12.12 Iphone Dijual Rp12 Ribu, Netizen Bandingkan dengan Beras

"Ada lebih dari 200 pendaftar yang terdiri dari e-commerce besar dan kecil. Tapi ada beberapa yang mundur dengan berbagai pertimbangan terkait kondisi saat ini," kata Bima kepada Okezone, Sabtu (12/12/2020).

Dengan kondisi saat ini yang masih dalam gejolak sebagai dampak pandemi, pihaknya sebagai pengelola acara Harbolnas memang berpikir agar acara tahunan ini bisa membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia, baik itu merek besar, UMKM, juga konsumen.

Baca Juga: Hindari Penipuan Belanja Online, Jangan Bayar Pakai Debit

"Tahun ini kami mendapat dukungan dari kementerian dan juga sektor perbankan," ujarnya.

Dia menjelaskan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberi dukungan untuk produk lokal dari kategori fesyen, kuliner, dan kriya. Konsumen akan memperoleh potongan harga Rp 50 ribu per transaksi dengan minimal pembelian Rp100 rib di beberapa marketplace yang ditunjuk.

"Sementara Bank Mandiri juga memberi dukungan potongan harga sebesar Rp75 ribu per transaksi. Untuk promo ini, syarat yang ditetapkan adalah minimal pembelian Rp150 ribu setelah promo merchant dengan menggunakan kartu kredit dan debit Mandiri. Kartu debit juga bisa digunakan ya, tidak hanya kartu kredit," ujarnya.

Perbedaan yang paling mencolok di sini adalah banyaknya promo potongan harga langsung, bukan sekadar cash back. Sehingga manfaat promo ini bisa lebih dirasakan para konsumen. Karena program harbolnas didorong untuk memberi keuntungan ke semua pihak , baik merchant maupun konsumen yang dibantu daya belinya dengan potongan langsung .

Harbolnas tahun ini diharapkan bisa membawa dampak besar pada perbaikan roda perekonomian Indonesia di penghujung tahun. Semua dukungan di atas tidak hanya diperuntukkan bagi konsumen semata. Memang aneka promo ini semoga bisa menaikkan daya beli masyarakat karena tidak harus membeli dengan harga normal.

"Dari sisi penjual yang Sebagian besar adalah UMKM, semua promo ini bertujuan menaikkan jumlah dan nilai transaksi mereka. Dengan demikian, semua pihak bisa menikmati dampak positif dari Harbolnas 2020, dan perekonomian kita bisa bertumbuh meski masih di era pandemi," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini