Ternyata, Gojek Beli Saham Bank Jago Lewat 'Gopay'

Fakhri Rezy, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 278 2330362 ternyata-gojek-beli-saham-bank-jago-lewat-gopay-1eoOxi0xHd.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek kembali melakukan ekspansi di dunia pasar modal. Bahkan, melalui anak usahanya membeli saham PT Bank Jago Tbk (ARTO).

Anak usaha yang dipercayai oleh Gojek tersebut adalah PT Dompet Karya Anak Bangsa atau Gopay. Di mana, transaksi terakhir terjadi pada 18 Desember 2020.

 Baca juga: Gojek Beli 22% Saham Bank Jago

"Sesuai dengan keterbukaan informasi, pembelian saham Bank Jago dilakukan oleh anak usaha Gojek, PT Dompet Karya Anak Bangsa (induk usaha GoPay)," ujar VP Corporate Communication Gojek, Audrey Petriny kepada Okezone, Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Dari keterbukaan informasi, Gopay sudah mempunyai saham ARTO sebesar 449,14 juta lembar atau 4,14%. Kini, Gopay mempunyai saham 2,41 miliar lembar atau 22,16% porsi saham yang dimiliki.

Adapun transaksi terakhir yang dilakukan sebesar 1,96 miliar lembar saham atau 18,02% dengan harga Rp1.150 per lembar. Jadi dalam transaksi terakhir Gopay merogoh kocek Rp2,25 triliun.

Sebelumnya, Gojek melakukan ekspansi dengan berinvestasi di PT Bank Jago Tbk yang merupakan bank berbasis teknologi. Investasi yang dilakukan melalui bisnis layanan keuangan dan pembayaran digital ini menjadikan Gojek sebagai pemegang 22% saham Bank Jago.

 Baca juga: Gojek Caplok 22% Saham Bank Jago, ARTO Langsung Melesat 1,56%

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan terlaksananya transaksi ini tidak mengubah pengendalian saham di Bank Jago. PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) dan Wealth Track Technology (WTT) tetap sebagai pemegang saham pengendali dengan total kepemilikan saham 51%.

Andre menuturkan, investasi di Bank Jago merupakan bagian dari strategi bisnis jangka panjang yang akan memperkuat pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Gojek ke depannya. Kemitraan dengan Bank Jago adalah sebuah pencapaian baru bagi Gojek dalam menyediakan berbagai solusi dari masalah sehari-hari melalui teknologi.

“Bank berbasis teknologi seperti Bank Jago akan memperkuat ekosistem Gojek sekaligus akan membuka akses yang lebih luas kepada layanan perbankan digital bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi kedua perusahaan untuk mendorong percepatan inklusi keuangan di Indonesia,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini