Gaji PNS Tanpa Pangkat, Ini Penjelasan BKN

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2020 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 20 320 2331027 gaji-pns-tanpa-pangkat-ini-penjelasan-bkn-M1f4TixVPh.jpg Sistem Gaji PNS Diubah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah merumuskan sistem penggajian baru bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) . Berbeda dari sebelumnya, sistem gaji pns yang baru lebih sederhana dan tidak banyak komponennya.

Namun, untuk skema gaji pns yang diputuskan butuh waktu yang lama agar bisa tercapai.

Baca Juga: Gaji PNS Indonesia Dirombak, Ini Beda dengan China hingga AS

"Masih jauh perjalanan untuk sampai pada PP gaji," ujar Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Ssama BKN Paryono, di Jakarta, Minggu (20/12/2020).

Kata dia, pembahasan skema gaji PNS hanya baru sebatas diskusi. Jadi, jika diputuskan harus memakan proses begitu panjam.

Baca Juga: Kapan Sistem Baru Gaji PNS Berlaku? Ini Faktanya

"Kemrin itu baru FGD membahas skema gaji baru, jadi belum sampai pada kebijakan penerapan skema penggajian yang baru," imbuhnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan sangat tergantung pada beberapa hal yang harus dipenuhi.

“Kapan sistem gaji ini nanti akan diterapkan? Tentunya semuanya bisa dilakukan kalau pre-required-nya sudah dipenuhi,” katanya

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, jika nantinya sistem gaji baru PNS sudah diputuskan maka tidak dilaksanakan secara serentak. Hal ini sebagaimana diatur di dalam Peraturan Pemerintah (PP) tentang Manajemen PNS.

“Di PP 11 sudah dinyatakan secara jelas sistem penggajian yang baru ini dilakukan secara bertahap,” kata Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN Haryomo Dwi Putranto di Jumat (18/12/2020).

Baca Juga: Begini Skema Gaji PNS Tak Lagi Lihat Pangkat dan Golongan, Cek di Sini 

Terkait waktu pelaksanaan sistem baru ini, Haryomo mengatakan sangat tergantung pada beberapa hal yang harus dipenuhi. Jika syarat-syarat sudah terpenuhi barulah dapat diimplementasikan. Dengan demikian, sistem gaji baru PNS belum bisa diterapkan pada 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini