Share

ADB Ramal Dampak Covid-19 Masih Hantui Ekonomi Tahun Depan

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 320 2334923 adb-ramal-dampak-covid-19-masih-hantui-ekonomi-tahun-depan-3CfzsH8rfD.jpg Covid-19 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pandemi covid-19 diperkirakan tidak akan berlangsung cepat. Bahkan diperkirakan pada tahun depan covid-19 masih akan menjadi momok perekonomian dunia.

Vice President Asian Development Bank (ADB) Bambang Susantono mengatakan, pada tahun depan pandemi covid masih akan berlangsung. Sehingga dampak-dampaknya juga masih akan dirasakan pada tahun ini

“Tahun depan akan tetap bersama covid-19, pemulihan tidak akan berlangsung cepat sehingga tahun depan masih akan alami seperti yang dialami tahun ini,” ujarnya dalam acara Webinar 'Outlook Transportasi 2021', Senin (28/12/2020).

 Baca Juga: Covid-19 Tinggalkan Bekas Luka Permanen bagi Ekonomi RI

Memang, pada tahun depan rencananya program vaksin akan dilakukan program vaksinasi. Hal ini menyusul sudah didatangkannya vaksin dari perusahaan asal China yakni Sinovac BioTech beberapa waktu lalu.

Namun, hal tersebut tidak semerta-merta menghilangkan semua dampak virus secara langsung. Karena membutuhkan waktu untuk bisa melakukan vaksinasi untuk seluruh masyarakat.

“Vaksin dan vaksinasi adalah dua hal yang berbeda. Ketersediaan vaksin tidak otomatis kita bisa melakukan vaksinasi. Vaksinasi pun tidak serta merta memiliki herd immunity,” ucap Bambang.

 

Apalagi baru-baru ini juga ditemukan bentuk virus baru yang merupakan mutasi dari virus covid-19 saat ini. Artinya, vaksin yang sudah ditemukan harus diteliti kembali agar bisa kebal juga terhadap virus covid jenis baru ini.

“Yang belum kita tahu juga dan diriset adalah mutasi baru dari covid-19 sejauh mana vaksin mampu menanggulangi tersebut dengan kasus lama ada booster coba menanggulangi tapi masih membutuhkan riset yang sekarang berjalan,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini