4 Cara Batasi Belanja Online

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 622 2343667 4-cara-batasi-belanja-online-bQwz85NPY0.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA Berbelanja online di era perkembangan teknologi memang sangat menyenangkan. Berbagai kemudahan bisa didapat hanya dengan satu klik saja. Barang yang diinginkan pun bisa didapat tanpa harus keluar rumah.

Namun, di era yang serba mudah ini, belanja online perlu diminimalisir agar pengeluaran untuk pemenuhan kebutuhan yang lain bisa dilakukan. Cara yang disarankan adalah membatasi kegiatan berbelanja online itu sendiri.

Dilansir dari Real Simple, Jakarta, Rabu (13/1/2021), terdapat 4 aspek yang bisa dipelajari dan digunakan agar bisa membatasi pengeluaran untuk berbelanja online.

Baca Juga: Tips Belanja Online yang Aman agar Tak Tertipu, Simak di Sini

1. Internet

Internet adalah teman terbaik dan musuh terburuk, tergantung pada jam dan pola pikir dari setiap orang yang memanfaatkannya.

Kecanduan belanja online di era internet yang sudah meluas ini sangat berbahaya bagi keluarnya uang dalam jumlah banyak bila tidak bijak menggunakannya.

Jadi, lebih baik memisahkan kebutuhan dan keinginan ketika ingin berbelanja online agar uang tidak habis dalam sekejap mata.

2. Leechblock

Jika menggunakan Firefox, pengaya peramban Leechblock dapat memblokir situs apa pun yang ditentukan di antara jam-jam tertentu.

Kalau terbiasa dan memiliki kebiasaan berbelanja online di malam hari setelah makan malam, memilih situs belanja favorit untuk “zona waktu tidak berbelanja” antara pukul 18.00, atau memblokir semua situs dari pukul 9.00-12.00 sangat disarankan untuk diterapkan.

Program ini memungkinkan untuk tetap memilih untuk menerima email selama waktu-waktu yang ditentukan.

3. Kebebasan

Alihkan kebebasan internet untuk berbelanja online ke hal-hal yang lain, seperti membaca, menulis karangan, atau kegiatan lainnya supaya uang bisa dihemat dan digunakan untuk keperluan yang lebih mendesak.

Awasi situs-situs belanja yang memiliki penawaran menggiurkan yang secara tak sadar akan memaksa melakukan pembelanjaan yang mungkin saja tidak diperlukan dan hanya terjadi perilaku pemborosan untuk diri sendiri ataupun keluarga.

4. Rescue Time

Alat diagnostik yang bermanfaat, alat ini melacak dan menemukan situs web tempat seseorang menghabiskan waktu menyelam di dunia internet dan menyajikannya dalam format yang praktis sehingga dapat mengubah kebiasaan diri sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini