Ingin Menggunakan Meja Marmer? Perhatikan Dulu 5 Hal ini

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 470 2346406 ingin-menggunakan-meja-marmer-perhatikan-dulu-5-hal-ini-9hR4Nn60qB.jpeg Dekorasi Dapur (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Meja marmer adalah meja dapur populer digunakan selain dari kuarsa. Pemilihan bahan marmer bisa menjadi sangat pas jika memperhatikan beberapa karakteristiknya.

Dilansir dari Real Simple, Jakarta, Selasa (19/2/2021), marmer memiliki beberapa cap yang serius, tetapi ada kurva belajar yang pasti dalam hal perawatan meja marmer. Oleh sebab itu, berikut ini telah dirangkum 5 hal yang harus diperhatikan sebelum memilih meja dapur berbahan marmer dari pro dan kontra yang ada.

Baca juga: Beri Ketenangan, Ini Ide Dekorasi Rumah bagi Introvert

1. Marmer Cepat Keropos dan Bisa Ternoda

Ini adalah batu alam, yang berarti dapat dengan mudah menyerap tetesan, tumpahan, dan pigmen dari makanan jika ada yang terlalu lama berada di permukaan.

Marmer juga tidak tahan terhadap panas, jadi panci atau wajan panas tidak boleh ditempatkan langsung di atas marmer. Waktu dan keausan juga bisa menyebabkannya tergores, yang hanya menumpulkan hasil akhirnya.

Baca juga: Praktis dan Anti Berantakan, 10 Ide Penyimpanan Kamar Anak

2. Membersihkan Marmer itu Mudah

Untuk membersihkan marmer, tidak memerlukan produk khusus apapun, cukup kain microfiber basah, sabun cuci piring, dan air panas.

“Aturan umumnya adalah asam adalah musuh, jadi pemutih, pembersih berbahan dasar lemon, atau cuka semuanya dapat mengetsa marmer. Meskipun ada banyak jenis pembersih marmer khusus di pasaran, Anda tidak membutuhkannya, ”kata Desainer interior Amy Sklar.

3. Marmer Bisa Menambah Nilai Rumah

Orang-orang menyukai meja batu asli. “Ini adalah bahan status dan dapat membantu meningkatkan nilai rumah Anda. Meskipun lebih mahal untuk menginstalnya, itu tetap berharga, ”kata Sklar.

Plus, meja marmer adalah tampilan abadi yang tidak akan ketinggalan zaman dalam waktu dekat.

4. Marmer Mengembangkan Patina Seiring Waktu

“Marmer adalah hasil akhir yang hidup, jadi akan selalu berubah seiring bertambahnya usia. Ia memiliki kepribadian. Sangat menyenangkan. Rasanya organik, digunakan, dan dicintai; itu mengembangkan sejarah yang membuatnya lebih menarik," kata Sklar.

Namun, jika patina bukan milik sendiri, memilih permukaan yang lain akan membuat meja terlihat bersih selama bertahun-tahun, seperti kuarsa yang direkayasa.

5. Ada Hasil Akhir yang Berbeda

Tekstur marmer yang dipoles yang biasanya dipikirkan dengan countertops bukanlah satu-satunya hasil akhir yang tersedia. “Marmer yang diasah, ditumbuk, dan tidak dipoles memiliki tekstur matte yang terasa lebih organik,” jelas Sklar.

Ini kurang memaafkan dan dapat menodai lebih mudah, tetapi tidak perlu khawatir tentang pengetsaan dari asam. Jadi, ketika menggunakan marmer harus memilih hasil akhir yang paling sesuai dengan kebutuhan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini