Jokowi Instruksikan Bantuan UMKM, Insentif Pajak hingga Kartu Prakerja Dilanjutkan

Dita Angga R, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 320 2348320 jokowi-instruksikan-bantuan-umkm-insentif-pajak-hingga-kartu-prakerja-dilanjutkan-iE2JqLhDIZ.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai masyarakat kelas menengah punya potensi besar untuk menggenjot ekonomi dalam negeri. Utamanya dengan meningkatkan demand kelas menengah.

Namun begitu, Jokowi menyebut bahwa demand kelas menengah belum bergerak. “Sebetulnya ruang yang paling besar untuk memperkuat menaikkan meningkatkan demand adalah di kelas menengah. Yang sampai saat ini belum bergerak untuk demand-nya naik,” katanya dalam pembukaan Kompas100 CEO Forum Tahun 2021, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Kabar Gembira, BLT Kuota Internet Cair Maret

Untuk itu, pemerintah akan terus melanjutkan program bantuan sosial (bansos) dan insentif bagi pengusaha UMKM.

“Dalam jangka pendek, ini akan kita teruskan yang berkaitan dengan bantuan sosial untuk yang tidak mampu. Kemudian, yang berkaitan dengan bantuan untuk usaha mikro, kecil, menengah terus, insentif pajak, bantuan modal darurat terus,” ujarnya.

Baca Juga: Mau Terima BLT Rp3 Juta, Bumil Wajib Penuhi Syarat Ini

Sementara kartu prakerja juga akan dilanjutkan bagi masyarakat yang terkena PHK. Hal ini dilakukan agar daya beli meningkat.

“Untuk apa? Agar ada daya beli, agar ada konsumsi, agar ada demand,” pungkasnya. 

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini