Gampang Dijual, Emas Diburu Jadi Pilihan Investasi

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 24 Januari 2021 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 622 2349628 gampang-dijual-emas-diburu-jadi-pilihan-investasi-Cl2got4rff.jpg Emas (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Emas banyak dipilih kalangan masyarakat untuk dijadikan investasi karena kemudahannya. Harga emas yang cenderung naik membuat investasi ini populer.

“Emas ini sifatnya simple dan mudah disimpan ya, lalu karena harganya yang cenderung naik membuat masyarakat memilih investasi ini untuk dilakukan,” kata Perencana Keuangan Andi Nugroho saat dihubungi Okezone, Sabtu (23/1/2021).

Andi Nugroho juga membagikan penjelasan mengapa investasi emas begitu diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia.

Pertama, emas termasuk barang kecil yang sangat simple untuk diinvestasikan. Selain itu, karena harganya yang cenderung naik membuat investasi ini menarik pasar untuk dilakukan. Emasjuga bisa dijual belikan di mana saja. Hal itu bisa dilakukan karena harga emas di seluruh Indonesia cenderung sama.

Kedua, emas merupakan investasi yang mudah disimpan karena mudah diperjual belikan. Kalau misalkan harga buyback emas dirasa belum bisa memberikan keuntungan, emas bisa tidak dijual dahulu untuk disimpan atau ditabung hingga harga buyback emas lebih tinggi dari harga belinya.

Ketiga, emas fleksibel, bisa untuk investasi jangka panjang, menengah dan pendek. Dari situ, bisa dibilang emas adalah investasi yang fleksibel. Kalau berencana ingin mendapat keuntungan dengan cepat, pilihan untuk jangka pendek bisa diambil dengan memperhatikan harga buyback-nya. Namun jika berencana untuk keperluan yang akan datang, investasi jangka panjang bisa dimasukan ke dana darurat dan tabungan masa depan.

Baca selengkapnya: 3 Alasan Kenapa Emas Jadi Investasi Idola

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini