Gerakan Nasional Wakaf Uang, Sri Mulyani Buka-bukan soal Penempatan Investasi

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 320 2350220 gerakan-nasional-wakaf-uang-sri-mulyani-buka-bukan-soal-penempatan-investasi-hOiWccY5n1.jpg Sri Mulyani (Foto: Dok Kemenkeu)

JAKARTA - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan gerakan wakaf uang di Istana Negara. Gerakan ini diluncurkan untuk mendorong masyarakat melakukan wakaf.

Menteri Keuangan (Menkeu) mengatakan bahwa wakaf menjadi salah satu potensi ekonomi dan keuangan syariah Indonesia. Dia mengatakan hingga Desember 2020 lebih dari Rp300 miliar wakaf uang yang terkumpul.

“Sampai dengan tanggal 20 Desember 2020 total wakaf tunai yang sudah terkumpul melalui dan dititipkan di bank adalah sebesar Rp328 miliar. Sedangkan project base wakaf mencapai Rp597 miliar,” katanya di Istana Negara, Senin (25/1/2021).

Baca Juga: Bicara Dana Sosial Syariah hingga Wakaf, Sri Mulyani: Masjid Dibangun 

Dia mengatakan bahwa pemangku telah berusaha mengembangkan wakaf uang untuk dikelola secara produktif, amanah atau akuntabel dan profesional, sehingga wakaf dapat memperkuat Islamic social safety net di masyarakat.

Salah satunya dengan memobilisasi wakaf uang dan menginvestasikan kepada kas wakaf sebuah Linked Sukuk. Ini merupakan sebuah instrumen baru yang diterbitkan oleh pemerintah di mana imbal hasil dari kas wakaf linked sukuk digunakan untuk membiayai berbagai program sosial.

“Saat ini sudah terkumpul lebih dari Rp54 miliar dalam bentuk kas wakaf linked sukuk,” ungkapnya.

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini