6 Cara Hemat Pengeluaran Belanja Bahan Makanan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 06:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 622 2351025 6-cara-hemat-pengeluaran-belanja-bahan-makanan-96Q91dx4VT.jpg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Berbelanja bahan makanan di pasar atau supermarket merupakan rutinitas penting, terutama bagi ibu rumah tangga. Harga kebutuhan pokok yang terus meningkat, maka dibutuhkan kepandaian dalam menghemat uang belanja.

Di masa-masa sulit seperti saat ini, penting untuk benar-benar mulai mempertimbangkan perbedaan antara kebutuhan dan kemewahan. Salah satu cara termudah untuk menghemat uang untuk makanan adalah dengan mengurangi jumlah yang dibelanjakan.

Dilansir dari The Balance Jakarta, Rabu (27/1/2021), ide-ide berikut ini dapat membantu menghemat lebih banyak uang untuk belanja bahan makanan.

Baca Juga: 8 Cara Membiasakan Diri Menabung Lebih Banyak Uang

1. Belanja saat Diskon

Salah satu cara termudah untuk menghemat uang belanja bahan makanan adalah dengan membelinya saat sedang diobral setiap minggu. Akan lebih baik jika membelinya dalam jumlah besar sebagai persediaan. Misalnya, dengan membekukan sebagian besar daging untuk tiga bulan.

2. Gunakan Buku Harga

Buku harga membantu untuk menghemat belanja bahan makanan. Dengan melacak pola penjualan dan harga barang serendah mungkin, akan membantu memberi tahu waktu terbaik untuk berbelanja. Tuliskan item yang dibutuhkan di atas selembar kertas. Kemudian buat daftar harga dan toko tempat dimana dapat menemukannya.

3. Buat Daftar Belanjaan

Memiliki daftar belanjaan dapat menghemat banyak uang untuk membeli bahan makanan. Pastikan untuk tetap berpegang pada daftar tersebut. Ini mencegah pembelian impulsif, dan membantu menghindari terlewatnya barang yang harus dibeli. Daftar belanjaan benar-benar dapat membantu menghemat uang dan waktu.

4. Rencanakan Menu

Rencanakan menu makanan seminggu atau sebulan sebelumnya, sehingga dapat memanfaatkan peluang penjualan dan pembelian massal. Ini juga akan mencegah kebiasaan makan di luar. Mulailah memasak makanan yang dapat disimpan untuk dimakan di hari selanjutnya. Jika tidak ingin merencanakan menu sendiri, ada banyak buku menu plan yang dijual secara online.

5. Belanja Menggunakan Kupon

Kupon memang dapat menghemat lebih banyak uang belanja. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mencocokkan item yang sedang diobral dengan kupon. Saat ini cukup banyak toko atau website yang menawarkan kupon. Jika digunakan secara hati-hati, dan hanya membeli apa yang diperlukan, ini dapat menambahkan penghematan yang signifikan ke tagihan belanjaan.

6. Mengganti Merek

Penting untuk diketahui bahwa banyak barang dengan merek berbeda, dibuat dan dikemas di pabrik yang sama. Barang dengan merek ternama biasanya akan lebih mahal dari merk yang tidak terlalu terkenal, padahal berasal dari pabrik yang sama. Maka beralih ke barang bermerek biasa dengan kualitas yang sama, tidak ada salahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini