Ketahui Hal-Hal Ini Sebelum Pakai Kartu Kredit

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 622 2354602 ketahui-hal-hal-ini-sebelum-pakai-kartu-kredit-AySrcSch5B.jpeg Kartu Kredit (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Di zaman serba canggih ini kartu kredit tentu bukanlah barang yang asing lagi di mata masyarakat Indonesia. Alat bantu transaksi ini memiliki fungsi utama untuk menunda pembayaran hingga tanggal jatuh tempo.

Memiliki kartu kredit tentu akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Namun sebelum benar-benar apply kartu kredit, mesti tahu apa saja kegunaan kartu kredit.

Hal ini berguna untuk mengantisipasi agar tidak sekadar tertarik dengan iming-iming cara membuat kartu kredit gratis dari berbagai lembaga keuangan tanpa tahu detailnya.

Baca Juga: 10 Tanda Utang Kartu Kredit Sudah di Luar Kendali 

Nah, jika ada keinginan mengajukan kartu kredit, ketahui serba-serbi kartu kredit yang sudah dilansir dari The Balance, Selasa (2/2/2021).

Kartu kredit dikeluarkan oleh bank. Digunakan untuk melakukan pembelian dengan saldo yang dipinjamkan hingga batas yang ditetapkan. Kartu kredit digunakan untuk transaksi pembayaran. Bisa juga tarik tunai, namun transaksi ini cenderung memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada pembelian. Dengan kata lain, harus membayar bunga di muka.

Pastikan sebelum menggunakan kartu kredit memasukkan kode pos penagihan untuk melakukan pembelian. Jika melakukan pembelian secara langsung, harus memasukkan kartu tersebut ke mesin Electronic Data Capture (EDC). Sedangkan jika melakukan pembelian online, harus memberikan informasi kartu beserta alamat penagihan.

Banyak orang khawatir dengan bunga katu kredit yang cenderung besar, namun selama selalu membayar lunas seluruh tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo, maka pengguna akan bebas dari biaya bunga. Begitupun sebaliknya, semakin lama membayar hutang kartu kredit maka bunga akan bertambah. Setelah melunasi apa yang telah dipinjam, dapat meminjam lagi hingga batas kredit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini