Ketua OJK Sebut BSI Bisa Jadi Contoh Bank Syariah Lain

Hafid Fuad, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 320 2356240 ketua-ojk-sebut-bsi-bisa-jadi-contoh-bank-syariah-lain-WPUeagyZ4k.jpg Ketua OJK Wimboh Santoso. Foto: Okezone

JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menilai Bank Syariah Indonesia (BSI) memiliki peran penting agar menjadi contoh bagi bank syariah lain. Menurutnya, BSI bisa menjadi role model dalam menstimulus bisnis kecil atau UMKM masyarakat di segala pelosok daerah.

"BSI harus menjadi role model bagi bank syariah lain dalam menstimulus bisnis kecil di daerah. Turut menciptakan bisnis-bisnis yang mayoritas di daerah merupakan pelaku UMKM. Masyarakat di daerah membutuhkan pembinaan usaha," ujar Wimboh dalam live streaming perdagangan perdana atau IDX Debut untuk PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga: Cari Modal, Bank Syariah Indonesia Bakal Rights Issue

Wimboh juga mengatakan OJK dan masyarakat akan mendukung pengembangan BSI ke depannya. Menurutnya BSI masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan. BSI harus menjadi bank yang inklusif dengan layanan murah, jangkauan luas, dan nyaman.

Baca Juga: Erick Thohir Ingin Bank Syariah Indonesia Sejajar dengan Bank Al-Rajhi dan Albilad

"Masyarakat mengidamkan produk keuangan syariah yang lebih murah, berkualitas bagus, dan layanan nyaman. Ini hanya bisa kalau ada bank syariah raksasa di Indonesia," katanya.

Pemerintah juga berharap, ini bisa menjadi barometer perbankan syariah dan bisa memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ekonomi syariah.

Saat meresmikan pembentukan BRIS pada Senin (1/2), Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga ingin mendorong pengembangan model usaha perbankan syariah. Sehingga, Bank Syariah Indonesia tidak mengikuti tren keuangan syariah yang telah ada saat ini.

Apalagi, Indonesia memiliki potensi dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Saat ini, Indonesia menempati peringkat keempat berdasarkan the state of Global Islamic Economy Indicator report.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini