IHSG Masih Hijau karena Panen Sentimen Positif dari AS

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 278 2357011 ihsg-masih-hijau-karena-panen-sentimen-positif-dari-as-ho9WjZQgss.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang tinggi akan menghijau. Hal ini disebabkan adanya sentimen positif dari global terkait rilis laporan keuangan.

“Misal dari US banyak sekali. Pertama, Amazon mencatatkan kinerja keuangan melebihi estimasi," ujar Analis Panin Sekuritas Juan Oktavianus dalam market Opening IDX Channel, Jakarta, Jumat (5/2/2021).

 Baca juga: IHSG Tetap Menguat ke 6.126 meski Ekonomi RI Terburuk sejak 1998

Kedua, lanjutnya, adanya jobless plan yang tercatat lebih rendah dari ekspektasi. Serta, sudah banyak warga Amerika Serikat yang divaksin.

"(3 hal itu) meningkat lebih signifikan,” ujarnya.

 Baca juga: 201 Saham Menguat, IHSG Dibuka Naik 19,54 Poin

Menurutnya, kondisi tersebut memicu laju pertumbuhan ekonomi yang diekspetasikan oleh pelaku pasar akan lebih baik. Terkait perkembangan vaksinasi yang meningkat lebih signifikan ini juga mendorong pelaku pasar untuk lebih berani mengambi risiko di regional.

Sementara itu, Juan menyampaikan beberapa strategi pemilihan saham menjelang pembukaan. Dia merekomendasikan beberapa saham big cap yang bisa menjadi pilihan. Dari sisi perbankan yaitu, BBCA, BMRI, dan BBNI. Infrastruktur dan Telkom, yakni PT PP dan Wika. Di pertambangan ada ANTAM dan INCO, tetapi ini siklikal.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini